Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin Yang Baik dan Benar Bagi Pemula – Bunga lilin atau bunga lolipop (Pachystachys lutea) merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang sudah banyak dibudidayakan di Bandung, Tanaman hias ini banyak yang bilanh mirip dengan lilin dan tanaman bunga lilin ini didatangkan dari Peru.

Batang tanaman bunga ini bulat, beruas, kasar dan berwarna hijau kecokelatan. Daun bunga lilin tunggal dan terletak silang berhadapan tak bertangkai dengan bentuk daun lanset, bagian ujung dan pangkal meruncing, berwarna hijau, memiliki permukaan daun kasar dengan panjang daun sekitar 5-15 cm.

Bunga lilin ini memiliki bunga kuning yang cantik dan tak jarang, bunga ini dijadikan sebagai pelengkap dalam dekorasi pelaminan. Selain indah, bunga lilin ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dengan kandungan yang sama dengan jambu biji. Seluruh bagian tanaman bunga lilin mengandung alkanoid, polifenol dan saponin. Seluruh bagian tanaman tersebut dapat dijadikan obat baik dalam keadaan segar maupun keadaan kering, manfaat bunga lilin yaitu dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan diare, sakit perut, obat cacing dan lain sebagainya.

Klasifikasi Bunga Lilin
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Acanthaceae
Genus: Pachystachys
Spesies: Pachystachys lutea L.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin

Persiapan Bibit Bunga Lilin

Cara memperbanyak bunga lilin dapat dilakukan melalui stek batang. Seperti kebanyakan stek tanaman lainnya, pilih batang yang bagus dengan struktur kuat dan bentuknya lurus. Selain itu, pastikan saat memotong batang tersebut harus menggunakan pisau tajam dan arahnya miring sehingga tidak merusak batang. Setelah itu, langsung dapat ditanam di media tanam.

Cara Menanam Bunga Lilin

Pertama, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa olahan tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya, tanam bibit dengan arah tegak lurus keatas pada media tanam. Sebaiknya tanam bibit bunga lilin tersebut sedalam 10 cm agar tidak mudah roboh dan perakarannya kuat. Kemudian, basahi media tanam dengan air agar kondisi bibit setelah tanam tidak layu.

Cara Merawat Bunga Lilin

Lakukan penyiraman tanaman bunga ini jika tanaman terlihat layu atau kering saja. Lakukan pemupukan pada tanaman bunga lilin ini setiap sebulan atau sebulan setengah, pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kompos atau pupuk cair dengan cara diletakkan atau disiramkan pada pangkal batang bunga. Tujuannya agar nutrisi lebih mudah terserap oleh tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin Yang Baik dan Benar Bagi Pemula”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa