Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga – Bunga Lili/Bunga Lily atau Bunga Bakung (Lilium Candidum L.) adalah jenis bunga yang berasal dari daerah dataran mediterania dan Asia Barat. Bunga lily ini memiliki kelopak corong lancip saat belum mekar, bunga lili ini juga indah dan wangi saat mekar terdapat berbagai warana bunga lily seperti bunga lili merah, putih, kuning, pink, kuning, oranye, ungu hingga hampir hitam, dan terdapat pula corak berupa bintik-bintik.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Liliales
Famili: Liliaceae
Genus: Lilium

Bunga lili mengandung Flavonoid, Karotenoid, Sapion, Polisakarida, Pati, Colchicine, Protein dan Lemak. Dengan kandungan tersebut, bunga lili ini memiliki berbagai manfaat, berikut beberapa manfaat bunga lily: membantu mengobati demam, anti kanker, membantu menurunkan kolestrol, untuk obat luka dan lain sebagainya.

Untuk itu banyak orang mulai menanam bunga lily ini baik di lahan yang luas maupun dengan menggunakan pot/polybag tanam.. Jika anda ingin menanam bunga lili ini, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Bunga Lily Dalam Pot/Polybag

Pembibitan Bunga Lily

Bibit bunga lily dapat diperoleh dari umbi yang sudah tua. Untuk memperoleh bibit berkualitas, anda perlu mengambil umbi tanaman yang telah tua dari indukan berkualitas pula. Setelah bibit umbi didapatkan, sebelum ditanam sebaiknya umbi bunga lily tersebut direndam dalam air selama sekitar 24 jam.

Perendaman ini bertujuan agar tunas dalam umbi cepat tumbuh. Agar proses pertumbuhan berjalan baik, sebaiknya umbi disemaikan terlebih dahulu. Setelah bibit keluar tunas dan tumbuh dengan baik barulah dipindah tanamkan ke media tanam seperti polybag ataupun pot.

Penanaman Bunga Lily

Setelah bibit semai sudah mulai tumbuh tunas berarti bibit tersebut sudah dapat mulai ditanam. Siapkan pot atau polybag tanam dengan ukuran yang disesuaikan, setelah itu siapkan pula media tanamnya. Media tanam yang dapat digunakan berupa campuran tanah, pupuk kandang atau pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.

Pemindahan bibit dari tempat penyemaian ke media tanam harus hati-hati agar umbi tanaman tidak rusak. Sebaiknya proses pemindahan dilakukan pada pagi atau sore hari saat sinar matahari tidak terlalu terik.

Perawatan Bunga Lily

Agar tanaman bunga lily dapat tumbuh dengan baik maka perlu dilakukan perawatan secara teratur. Bunga lily termasuk tanaman bunga yang bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak membutuhkan perawatan yang istimewa.

Agara tanaman tidak layu, lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan secukupnya saja hingga tanah terlihat lembab saja karena jika terlalu banyak air akan menyebabkan umbi tanaman membusuk.

Perawatan lain yang perlu dilakukan antara lain, penyiangan pada gulma yang ada disekitar tanaamana bunga lily di pot/polybag. selain itu, lakukan pula pemupukan secara berkala untuk menjaga unsur hara dalam tanah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa