Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Lobelia Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lobelia Dalam Pot Bagi Pemula – Tanaman bunga lobelia (Lobelia Chinensis Herba) adalah salah satu tanaman hias bunga yang tidak hanya terkenal karena memiliki bunga yang indah dengan warna beragam seperti putih, ungu, biru dan merah, tanaman ini juga dikenal mudah tumbuh melalui biji dan mampu tumbuh disemua musim.

Selain karena keindahan bunganya, tanaman ini banyak digemari para pecinta tanaman hias, ternyata tanaman ini banyak ditanam karena memiliki banyak manfaat, rasa herbal pada tanaman ini tajam dan manis, memiliki suhu netral. Senyawa kimia yang terdapat pada tanaman bunga ini diantaranya alkaloid piperidin dan lobeline. Beberapa khasiat/manfaat herbal bunga lobelia yaitu sebagai diuretik, mengurangi edema, pembengkakan wajah, neoplasias, tumor (lambung, hati, karsinoma rektal), tonsilitis, sebagai penghilang atau penetralisir racun akibat gigitan ular, infeksi gigitan serangga, mengencerkan dahak pada batuk berdahak (mukolitik), napas terengah-engah, asma dan edema.

Jika anda ingin menanam tanaman hias bunga lobelia ini, kalian tidak perlu khawatir karena menanam bunga lobelia ini tidak begitu sulit. Tanaman hias bunga lobelia ini dapat ditanam diberbagai media tanam dan dapat ditanam di tanah langsung, pot atau pot gantung. Tapi disarankan menggunakan pot gantung karena jika ditaman dengan pot gantung bunga akan menjuntai kebawah dan indah.

Cara Menanam Bunga Lobelia Dalam Pot

Pertama, siapkan media tanam. Selanjutnya taburkan benih biji bunga lobelia secara merata di atas media tanam tersebut. Tekan tanah secara perlahan untuk menghilangkan udara di dalamnya.

Selanjutnya, simpan tanaman pada tempat yang teduh atau dalam ruangan. Benih tanaman bunga ini menyukai kelembaban yang konstan dan sedikit air. Cara baik untuk menjaga kelembaban media tanam yaitu dengen menyemprotkan air secara bertahap. Apabila benih terlalu banyak terendam air maka memerlukan yang lama untuk tumbuh. Proses ini memerlukan waktu sekitar 3 minggu untuk benih berkecambah. Setelah itu, simpan pada tempat yang terkena sinar matahari cukup.

Cabut dan pindahkan bibit bunga lobelia yang paling kecil agar bibit bunga yang lebih besar dapat tumbuh sehat dan kuat, teruskan perawatan pada bibit tersebut hingga benih tumbuh setinggi 3-4 inchi.

Agar tanaman bunga lobelia ini tumbuh kuat, tahan kering dan tidak patah maka lakukan hardering. Letakkan tanaman bunga ini di bawah matahari selama satu jam pada hari pertama, durasi penyinaran ini diberikan secara bertahap hingga tanaman dapat beradaptasi langsung dengan sinar matahari secara langsung sepanjang hari.

Cara Merawat Tanaman Bunga Lobelia

Lakukan penyiraman secukupnya setiap pagi atau sore hari agar bunganya dapat mekar sepanjang hari. Untuk menambah nutrisi pada tanaman ini lakukan pemupukan.

Jika tanaman sudah sangat lebat, lakukan pemangkasan, agar tanaman lebih terlihat terawat dan lebih indah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Lobelia Dalam Pot Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa