Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan Agar Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan Agar Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula  РMangkokan atau daun mangkokan (Polyscias scutellaria ) adalah salah satu tanaman hias pekarangan dan juga tanaman obat yang relatif populer di Indonesia. Tanaman ini merupakan tanaman semak yang banyak tumbuh di daerah tropika dan berasal dari Pasifik Barat Daya. Tanaman bunga daun mangkokan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 6 meter. Pemberian nama mangkokan ini, mengacu pada bentuk daun tanaman ini yang melengkung menyerupai mangkok. Manfaat daun dan akar bunga mangkokan ini yaitu dapat dijadikan sebagai peluruh, antiseptik dan deodoran.

Klasifikasi Daun Mangkokan
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Apiales
Famili: Araliaceae
Genus: Polyscias
Spesies: Polyscias scutellaria

Karena keunikan bentuk daun dan memiliki berbagai manfaat, banyak orang yang menanam bunga mangkokan ini di pekarangan mereka karena bunga berpohon kayu ini tidak terlalu besar dan mudah tumbuh diberbagai jenis tanah. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan

Cara Pembibitan Bunga Mangkokan

Karena tanaman hias daun ini merupakan tanaman berbatang kayu, maka pembibitan atau perbanyakannya dapat dilakukan dengan cara stek batang atau cangkok. Pilih batang tanaman yang memiliki kayu yang baik. Usahakan ambil batang bagian tengah, jangan yang pangkal atau pucuk. Kemudian, kerat dan buang kulit serta lendirnya. Bungkus dengan tanah yang di ikat dengan tali rafia. Lakukan perawatan dengan baik dan lakukan penyiraman hingga batang cangkok tumbuh akar dengan baik. Jika sudah tumbuh akar yang lebat maka lakukan pemangkasan.

Cara Menanam Bunga Mangkokan

Siapkan terlebih dulu media tanam sebelum melakukan penanaman bunga mangkokan ini. Media tanam yang perlu disiapkan dapat berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.

Jika sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit dengan arah tegak ke atas pada media tanam yang sudah disiapkan tadi. Penanaman sebaiknya dilakukan sedalam 10-20 cm agar nanti akarnya dapat tumbuh kuat menahan berat tanaman. Jika sudah selesai melakukan penanaman, lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah dan agar tanaman tidak layu.

Cara Merawat Bunga Mangkokan

Karena bunga mangkokan dapat bertahan dalam kondisi kering, jadi penyiraman dapat dilakukan saat tanaman terlihat kering dan membutuhkan air. Selain itu, lakukan juga pemupukan sembari melakukan penyiangan dan perampalan pada batang dan daun bunga mangkokan secara rutin yaitu setiap 1,5-2 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan Agar Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula“,¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa