Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Rainbow atau Mawar Pelangi Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Rainbow atau Mawar Pelangi Bagi Pemula – Mawar Rainbow atau mawar pelangi merupakan jenis bunga mawar hasil persilangan dari berbagai warna mawar, mawar ini ditemukan oleh Van de Werken yaitu seorang ahli dari Belanda. Jenis bunga mawar ini memang menjadi primadona bagi pecinta tanaman hias karena mawar rainbow ini memiliki perpaduan warna yang sangat indah seperti pelangi. Nah berikut cara menanam dan merawat bunga mawar rainbow:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Rainbow

Persiapan benih Mawar Pelangi

Pertama, biarkan bagian rosehip atau pinggul mawar berkembang dengan meninggalkan bunga mati di tanaman. Biasanya bunga akan diserbuki oleh serangga, atau menyerbuki sendiri dalam beberapa varietas, jadi tidak perlu penyerbukan dengan tangan kecuali membiakkan tanaman tertentu bersama.

Biarkan bunga di tanaman mawar tanpa memotongnya. Setelah layu, buah kecil yang dikenal sebagai mawar akan berkembang di tempat mereka. Benih yang dipanen dapat tumbuh menjadi tanaman dengan karakteristik yang berbeda. Ini terjadi jika pemanenan dari varietas mawar hibrida, atau jika mawar diserbuki dengan serbuk sari dari varietas mawar yang berbeda di dekatnya.

Buang pinggul mawar begitu matang. Pinggul mawar akan mulai kecil dan hijau, kemudian berubah warna saat mereka tumbuh hingga benar-benar merah, oranye, coklat, atau ungu. Pada titik ini dapat diambil, atau menunggu hingga mulai kering dan keriput. Jangan menunggu sampai benar-benar kering dan cokelat, karena benih di dalamnya mungkin telah mati pada titik ini. Potong pinggul mawar dengan pisau, dan ambil biji di dalamnya.

Keluarkan biji benih mawar tersebut, biasanya, jumlah biji di setiap buah mawar sangat bervariasi di antara varietas mawar. Bersihkan pulp dari biji. Jika pulp dibiarkan pada biji, mungkin mencegahnya berkecambah. Salah satu cara cepat untuk menghilangkan bubur yaitu dengan menempatkan biji-bijian dalam saringan atau jaring, mengalirkan air ke dalamnya saat menggosok biji ke samping.

Campuran air dan hidrogen peroksida bisa mengurangi pertumbuhan jamur pada biji. Aduk 1,5 sendok teh (7 mL) hidrogen peroksida 3% ke dalam 1 gelas (240 mL) air. Kemudian, simpan biji mawar dalam larutan ini setidaknya selama satu jam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sedikit pertumbuhan jamur sebenarnya dapat membantu memecah kulit mengelilingi benih, namun perlakuan ini masih disarankan untuk mencegah pertumbuhan jamur dalam jumlah yang lebih besar.

Cara Menumbuhkan Biji Mawar Rainbow

Tempatkan benih dalam bahan basah. Bibit mawar biasanya tidak akan bertunas kecuali disimpan dalam kondisi dingin dan basah. Tempatkan bibit di antara dua lapisan handuk kertas yang sedikit dibasahi, atau di dalam wadah pasir sungai yang bebas garam, lumut gambut, atau vermikulit. Ini merupakan langkah pertama dalam proses stratifikasi. Jika menggunakan bibit yang dibeli di toko dan label mengatakan bibit mawar rainbow siap tanam maka bibit dapat langsung ditanam.

Letakkan benih dan bahan lembab di dalam kantong plastik atau baki bibit di dalam kantong plastik atau baki bibit, dan simpan di area dingin lemari es. Jangan simpan di area yang sama dengan kulkas sebagai buah atau sayuran, yang dapat melepaskan bahan kimia yang mencegah benih berkembang. Pertahankan media benih tetap sedikit lembab.

Tambahkan beberapa tetes air ke setiap handuk kertas setiap kali mulai mengering. Cobalah untuk melakukan hal ini pada saat benih biasanya mulai berkecambah, seperti di awal musim semi. Pastikan bahwa lingkungan di luar kulkas sekitar 70 derajat Fahrenheit.

Benih tidak akan berkecambah hingga dikeluarkan dari kulkas. Tergantung pada varietas mawar, biji dapat mulai berkecambah setelah berumur empat hingga enam belas minggu. Seringkali, 70% atau lebih dari benih tidak pernah bertunas sama sekali.

Proses Penanaman Bibit Mawar Rainbow

Isi wadah dengan campuran awal biji steril. Wadah tersebut dapat berupa nampan kecil, bekas gelas minum plastik dengan bagian bawah dilubangi atau wadah yang lainnya,
Tanah biasa tidak dianjurkan, karena mungkin tidak cukup baik dan menyebabkan bibit membusuk.

Jika sudah siap, segera lakukan penanaman bibit mawar rainbow pada wadah yang telah disiapkan. Tutupi dengan tanah sekitar 6 mm., beri jarak antar benih setidaknya 5 cm.

Biji akan mulai tumbuh sebagai bibit dalam waktu seminggu. Benih yang dibeli di toko yang tidak memerlukan stratifikasi dapat memakan waktu beberapa minggu dan mungkin memerlukan dua atau tiga tahun untuk menunggu bunga muncul.

Simpan bibit di tanah yang hangat dan lembab. Jaga tanah tetap basah, tapi tidak basah. Suhu antara 16–21 derajat celcius sangat ideal untuk sebagian besar varietas mawar. Bibit biasanya berkembang pada enam jam matahari atau lebih setiap hari.

Setelah bibit tumbuh beberapa daun sejati, pindahkan atau transplantasikan bibit ke pot yang lebih besar selama satu atau dua tahun, kemudian jika sudah kuat maka dapat ditransplantasikan di luar.

Setelah bibit yang ditransplantasikan kembali sehat, lakukan penyiraman seperti biasa. Pemupukan beberapa kali selama musim tanam dapat membantu tanaman tumbuh dan berkembang, tetapi perlu diingat bahwa beberapa varietas mawar tidak akan mekar sama sekali selama tahun pertama penanaman.

Cara Merawat Bunga Mawar Rainbow

Lakukan pemangkasan pada tanaman mawar rainbow jika sudah terlalu rimbun selama masa dormansi di akhir musim. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman mawar tidak berkurang.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Rainbow atau Mawar Pelangi Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa