Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah – Melati air (Echinodorus palaefolius var. latifolius) adalah tanaman berbunga yang indah dan menyegarkan udara yang masuk dalam suku Alismataceae dan berasal dari Brazil, Peru, Meksiko dan Uruguay. Bunga melati air ini unik karena hidup di air. Ciri bunga melati air yaitu memiliki bunga berwarna putih dengan jumlah kelopak bunga 3, kepala sari berwarna kuning ditengaf membentuk lingkaran.

Tanaman bunga melati air berbunga tidak kenal musim. Daun tanaman bunga melati air memiliki bentuk yang eksotis, semakin keatas makin melebar. Daun melati air agak kaku, permukaan dan bagian bawah daun ditumbuhi bulu-bulu yang kasar dengan bentuk daun bervariasi mulai dari bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil . Bunga melati air akan mekar pada saat pagi hari dan akan kembali menguncup pada sore hari.

Klasifikasi Melati air
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Alismatidae
Ordo : Alismatales
Famili : Alismataceae
Genus : Echinodorus
Spesies : Echinodorus palaefolius var. latifolius

Selain indah, bunga melati air juga memiliki berbagai manfaat. Adapun manfaat melati air yaitu menyegarkan udara, mengobati sariawan, bisul, bronkitis, sakit mata, keseleo, insomnia, radang usus dan lain sebagainya.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air

Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam

Pertama, siapkan terlebih dahulu pot tanam yang akan digunakan untuk menanam melati air. Ukuran pot dapat disesuaikan dengan ukuran rumpun melati yang akan di tanam, tapi lebih besar lebih bagus. Jika pot sudah siap, tutup lubang dibawah pot agar nantinya air dalam pot tetap tergenang.

Selanjutnya siapkan media tanam berupa tanah halus tapi lebih baik tanah lumpur. Masukkan tanah tersebut kedalam pot tadi hingga 1/3 bagian pot lalu tambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos diatas tanah tadi.

Cara Menanam Melati Air

Jika sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Tanam rumpun melati air ke media tanam. Setelah itu, timbun kembali dengan tanah atau lumpur lalu padatkan.

Kemudian sisa ruang dari media tanam diisi dengan air. Hal inilah yang diinginkan melati air agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Setelah penanaman, jangan langsung diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. Letakkan pada tempat yang sejuk karena jika diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan daun cepat mengering.

Cara Merawat Melati Air

Melati air tidak memerlukan penyiraman karena semua kebutuhan air telah tercukupi dengan baik. Faktor yang perlu diperhatikan yaitu pemupukan. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK setiap sebulan sekali. Pupuk NPK yang akan diberikan ke tanaman jangan langsung disebar tapi pemberian pupuk ini harus dikerjakan dengan metode penyuntikan memakai selang. Selang dimasukkan ke dalam media tanam, lalu pupuk NPK dialirkan lewat selang tersebut.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa