Cara Menanam dan Merawat Bunga Morning Glory Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Morning Glory Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Morning Glory merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang tumbuh merambat mirip dengan tanaman kangkung air. Meskipun mirip dengan tanaman kangkung air, daun tanaman bunga morning glory tidak bisa dimakan.

Bunga morning glory berwarna ungu, ada yang berwarna ungu tua dan ada yang berwarna lebih muda. Selain itu, hal menarik lain dari bunga ini yaitu bunga morning glory ini akan mekar saat pagi tiba dan matahari mulai bersinar, bunga morning glory yang mekar akan mengeluarkan bau yang cukup wangi.

Klasifikasi Bunga Morning Glory
Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Divisi : Magnolopsida (tumbuhan berbunga)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Solanales
Famili : Convolvulaceae
Genus : Ipomoea
Spesies : Ipomoea spp.

Karena keindahan bunga ini, banyak orang yang menanam bunga morning glory sebagai tanaman hias. Berikut cara menanam dan merawat bungan morning glory selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Morning Glory

Cara Pembibitan Bunga Morning Glory

Pembibitan atau perbanyakan bunga morning glory ini dapat dilakukan dengan cara stek batang. Caranya sama seperti stek pada umumnya, yaitu potong beberapa batang tanaman induk bunga morning glory dan usahakan minimal setiap batang bibit memiliki 3-4 ruas mata tunas. Kemudian, bibit tersebut dapat langsung tanam atau jika belum sempat menanam dapat di simpan di tempat yang lembab hingga bibit keluar beberapa tunas akar.

Cara Menanam Bunga Morning Glory

Sebelum melakukan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanam untuk menanamnya. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit dengan arah merebah ke tanah, tujuannya agar bibit dapat tumbuh banyak akar dan bakal tunas. Lakukan penyiraman dan rawat hingga bibit muncul beberapa tunas baru. Jika sudah muncul berarti itu tandanya bunga sudah tumbuh baik. Jika bibit sudah tumbuh dengan baik, bibit bunga morning glory tersebut dapat dirambatkan ke tembok atau jaring rambat agar bunga tertata dengan baik.

Cara Merawat Bunga Morning Glory

Perawatan yang perlu dilakukan pada bunga morning glory ini cukup penyiraman dan pemupukan saja. Penyiraman dapat dilakukan seperlunya saja yaitu minimal dilakukan setiap 5-7 hari sekali. Pemupukan dapat dilakukan secara rutin setiap 2 hingga 2,5 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Morning Glory Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa