2 Cara Menanam Dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih Dengan Mudah

Posted on

2 Cara Menanam Dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih Dengan MudahBleeding Heart Vine atau lebih dikenal dengan bunga nona makan sirih adalah salah satu jenis tanaman hias merambat yang gtermasuk dalam suku Lamiaceae. Bunga dengan nama lain Clerodendrum thomsoniae berasal dari Afrika Barat tropis namun kini sudah tersebar luas di seluruh penjuru dunia dan populer sebagai tanaman bunga penaung. Tumbuhan ini merupakan liana lemah yang bisa tumbuh hingga 4 meter dengan bentuk daun oval hingga memanjang dengan ukuran 8-17 cm (mirip dengan daun sirih). Bunganya tersusun sebagai cymosa dengan kuntum sebanyak 8-20, kelopak bunganya berwarna putih atau ungu pucat dengan mahkota bunga berwarna meran berukuran panjang sekitar 2 cm.

Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih

Bunga nona makan sirih ini dapat diperbanyak dengan 2 cara yaitu dengan cara stek dan biji. Namun yang paling umumm yang digunakan yaitu stek karena dianggap lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan biji. Namun jika anda ingin tidak repot, anda dapat membeli di toko tanaman.

Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih Dengan Stek

1. Pertama, pilih batang tanaman yang sehat dan segar. Lalu potong batang sepanjang 2 hingga 3 jengkal.

2. Sebaiknya, ujung batang tanaman dicelupkan ke zat perangsang akar. Lalu tanam ke media yag berisi pasir dan siram dengan air.

3. Akar tanaman bunga nona makan sirih akan tumbuh setelah 2-3 minggu sejak penanaman. Setelah itu, pindahkan tanaman ke pot yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Pemindahan tersebut harus hati-hati tidak melukai akar tanaman. Jika sudah letakkan di lokasi yang terang dan terkena sinar matahari penuh.

Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih Dari Biji

Pilih buah yang telah matang, lalu kupas kulitnya. Setelah itu semai biji ke media tanam berupa pasir. Biji benih nona makan sirih membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk berkecambah. Jika bibit telah memiliki beberapa helai daun maka bibit siap dipindah tanamankan. bibit dipindah tanamkan ke pot yang berukuran lebih besar dengan media tanam telah dicampur dengan pupuk kandang sebelumnya.

Cara Merawat Bunga Nona Makan Sirih

Lakukan perawatan berupa penyiraman secara teratur agar media tanam tetap terjaga tapi jangan sampai tergenang. Selain itu Lakukan pula pemangkasan agar tanaman lebih rapi dan daun serta bunga tumbuh lebioh sehat. Lakukan pula pemberian pupuk organik cair setiap dua minggu sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”2 Cara Menanam Dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih Dengan Mudah“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa