Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga – Bunga oleander, bunga jepun atau bunga mentega adalah salah satu tanaman bunga perdu anggota keluarga Apocynaceae yang bisa berbunga sepanjang tahun. Bunga oleander berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Mediterania dan juga Asia Tenggara. Bunga oleander dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 2-5 meter. Bunga oleander mirip dengan bunga kamboja, terdapat berbagai varian warna bunga oleander mulai dari warna pink, merah, putih, kuning dan lain sebagainya.

Klasifikasi Bunga Oleander
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Nerium L.
Spesies: N. oleander

Daun oleonder mengandung oleandrin, oleandrigenin, 16-acetylgitoxigenin, oleandros, neriantin, adynerin, deacetyloleandrin, rutin, dambonitol. Kulit batang tanaman oleander mengandung adoroside A,B,C,D,F,G,H,K dan lainnya, digitoxigenin, uzarigenin. Sedangkan bunga oleander mengandung gitoxigenin dan strospesid.

Dengan banyaknya kandungan zat pada tanaman bunga oleander ini, tentunya tanaman ini memiliki banyak manfaat. Manfaat bunga oleander bagi kesehatan diantaranya yaitu sebagai peluruh kencing, peluruh dahak, membantu mengobati gagal jantung, lemah jantung, ayan, sesak napas, eksim dan nyeri karena penggumpalan darah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Dalam Pot

Persiapan Bibit Bunga Oleander

Pembibitan atau perbanyakan bunga oleander ini dapat dilakukan dengan cara stek batang. Batang yang akan dijadikan bibit dipilih dari batang yang sudah cukup umur (minimal telah berumur sekitar 6 bulan). Jika sudah ditentukan batang mana yang akan dijadikan bibit, selanjutnya batang di potong miring dengan menggunakan pisau tajam dan bisa langsung ditanam agar tidak layu.

Cara Menanam Bunga Oleander Dalam Pot

Sebelum penanaman dilakukan, siapkan media tanam dan pot terlebih dahulu. Media tanam yang dapat digunakan dapat berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Pot yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuran bibit bunga oleander yang akan ditanam.

Jika semuanya sudah siap, tanam batang bibit dengan posisi tegak, jangan miring. Setelah selesai melakukan penanaman, lakukan penyiraman pada bibit tersebut agar bibit tidak layu.

Cara Merawat Bunga Oleander Dalam Pot

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman bunga oleandra yaitu berupa penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukan secara teratur setiap sekali dalam sehari dan jika tanaman sudah tumbuh dengan baik penyiraman dapat dilakukan seperlunya saja atau bisa dilihat kondisi media tanamnya dulu.

Lakukan pemupukan secara rutin minimal setiap dua bulan sekali. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk tabur maupun pupuk buatan atau pupuk organik.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Oleander Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa