Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Petunia adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dari famili Solanaceae yang memiliki bunga berbentuk terompet. Tanaman bunga petunia ini berasal dari Amerika Selatan. Secara fisik, tinggi tanaman ini sekitar16–30 cm, bunganya ada yang bermahkota tunggal dan ada yang bermahkota ganda dengan warna yang bervariasi seperti merah, putih, kuning pucat, biru, dan ungu tua.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Petunia
Kingdom: Plantae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Petunia

Banyak orang yang mulai menanam bunga petunia ini dirumah atau pekarangan mereka karena keindahan bunga ini. Nah berikut ini cara menanam bunga petunia.

Cara Menanam Bunga Petunia

Penyemaian Bunga Petunia

Bunga petunia berasal dari daerah pegunungan. Sehingga, apabila anda berada di dataran rendah, mungkin lingkungan Anda bukan tempat yang cocok untuk menanam bunga petunia yang cantik ini. Untuk menanam bunga petunia anda bisa menanam dengan bibit berupa benih.

Lakukan penyemaian terhadap benih bunga petunia terlebih dahulu. Penyemaian ini dilakukan untuk mengantisipasi jika bibit ada yang mati dan kita masih bisa mengganti bibit yang mati tersebut dengan bibit yang baru.

Saat penyemaian, hindarkan benih petunia yang telah disemai dari sinar matahari langsung. Bunga petunia ini akan sangat tidak tahan dengan panas sinar matahari secara langsung. Sebaiknya tempatkan penyemaian petunia dilakukan di tempatyang lembab. Jaga suhu area penyemaian agar tetap dengan suhu yang cukup sejuk agar benih petunia bisa tumbuh menjadi kecambah.

Penanaman dan Perawatan Bunga Petunia

Setelah bibit petunia menjadi kecambah, selanjutnya siapkan media tanamnya. Siapkan pot dengan ukuran yang disesuaikan dan juga media tanamnya berupa campuran tanah gembur, arang sekam dan pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Lakukan penanaman seperti pada umumnya.

Lakukan penyiraman sebanyak dua kali satu hari yaitu pada pagi dan sore hari. Namun jika cuaca sangat panas, penyiraman dapat dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali dalam satu hari agar media tanamnya tidak mengering.

Dibutuhkan waktu paling tidak lima sampai enam bulan untuk tanaman ini tumbuh besar dan setelah itu petunia akan berbunga.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa