Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan atau Heliconia Di Rumah Bagi Pemula Agar Subur

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan atau Heliconia Di Rumah Bagi Pemula Agar Subur – Heliconia atau bunga pisang-pisangan adalah salah satu jenis tanaman hias tropis. Bunga Heliconia ini juga sering disebut dengan pisang hias. Bunga pisang-pisangan termasuk dalam golongan Musaceae dan termasuk dalam keluarga Heliconiaceae yang mirip dengan famili Strelitzia berasal dari Amerika Latin, tapi Heliconia memiliki tiga buah atau lebih seludang sedangkan Strelitza hanya dua buah.. Dari penampilan fisiknya Heliconia Densiflora sering kali disamakan dengan Bunga Bird of Paradise dari family Strelitziaceae.

Klasifikasi Bunga Pisang-Pisangan
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Zingiberals
Famili: Musaceae
Genus: Musa
Spesies: Musa paradise

Berdasarkan rangkaian bunganya, terdapat 2 jenis bunga pisang-pisangan atau bunga heliconia yaitu Heliconia Densiflora dan Heliconia Rostrata.

Heliconia Densiflora adalah bunga pisang-pisangan memiliki bentuk bunga tegak seperti cakar kepiting dan berwarna jingga kekuningan. Sedangkan Heliconia Rostrata adalah bunga pisang-pisangan yang memiliki bunga berwarna merah dan kuning dan muncul menggantung seperti buah pisang. Bunga pisang hias ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman penghias tanam dan sebagai tanaman pelengkap rangkaian bunga.

Karena bentuk bunganya yang unik, tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan baik ditanam dalam pot atau di tanah langsung. Berikut cara menanam dan merawat bunga pisang-pisangan:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan

Syarat Tumbuh Bunga Pisang-Pisangan

Bunga heliconia atau bunga pisang hias ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl dengan suhu sekitar 13°C hingga 30°C. Karena bunga ini merupakan tumbuhan tropis, Heliconia mudah tumbuh apabila langsung terkena sinar matahari.

Cara Pembibitan Bunga Pisang-Pisangan

Pembibitan atau perbanyakan bunga pisang-pisangan dapat dilakukan dengan cara memisahkan tunas atau anakan dari tanaman induk. Pemisahan tersebut harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak perakarannya. Setelah dipisahkan, bibit bunga pisang-pisangan ini dapat ditanam langsung atau letakkan bibit pada tempat yang basah atau lembab jika tidak langsung ditanam.

Cara Menanam Bunga Pisang-Pisangan

Sebelum penanaman dilakukan, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.

Jika sudah siap semua, lakukan penanaman segera. Tanam bibit pada media tanam fan pastikan seluruh akar tertutup media tanam hingga 5 cm di atas pangkal batang.

Cara Merawat Bunga Pisang-Pisangan

Perawatan yang perlu dilakukan pada bunga pisang-pisangan ini yaitu penyiraman, penyiangan dan pemupukan saja. Penyiraman dapat dilakukan secara teratur apabila media tanamnya sudah terlihat kering. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman. Bersamaan dengan penyiangan ini, lakukan pula pemupukan. Pemupukan ini dilakukan secara teratur setiap sebulan sekali setelah tanaman berumur diatas 1 bulan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan atau Heliconia Di Rumah Bagi Pemula Agar Subur“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa