Cara Menanam dan Merawat Bunga Pontederia Cordata Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pontederia Cordata Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Dengan Mudah – Pontederia Cordata atau Pandan Air merupakan salah satu tanaman berbunga yang tumbuh di air. Bunga ini juga disebut dengan pickerel rush atau Pickerelweed. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun yang dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 1 meter lebih.

Tanaman bunga Pontederia Cordata ini memiliki tangkai yang panjang menopang daun yang memiliki bentuk menyerupai hati tapi memanjang sekitar 25 cm. Pada setiap tangkai tanaman terdapat sekitar 2-3 helai daun. Bunga tanaman ini sangat indah, berwarna biru keunguan berukuran kecil namun berkerumun dalam tandan pada tankai yang menjulang.

Tanaman bunga Pontederia Cordata ini sangat cocok ditanam di areal danau, air mancur dan kolam. Penanaman dan perawatan bunga ini tidak begitu sulit. Jika anda ingin menanam bunga Pontederia Cordata, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pontederia Cordata

Cara Pembibitan Bunga Pontederia Cordata

Cara pembibitan atau perbanyakan bibit bunga Pontederia Cordata ini sama dengan pembibitan bunga rumpun, jadi cukup dengan memisahkan tanaman yang akan dijadikan bibit dari tanaman induknya. Pemisahan tersebut dilakukan dengan hati-hati agar akarnya tidak rusak dan batangnya tidak patah. Selanjutnya, simpan terlebih dahulu, bibit dalam ember yang berisi air.

Cara Menanam Bunga Pontederia Cordata

Lahan tanam yang baik digunakan untuk menanam bunga Pontederia Cordata ini yaitu lahan tanam yang dekat dengan genangan air, tapi jika tidak ada tanaman ini dapat ditanam dalam pot dengan menggunakan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. Jika sudah dilakukan penanaman, pot diberi genangan air.

Cara Merawat Bunga Pontederia Cordata

Lakukan penjagaan genangan air pada pot secara berkala setiap 1 hingga 2 hari sekali. Selanjutnya sediakan pupuk bagi tanaman dengan cara dilarutkan dalam air dan disiramkan di media tanamnya. Hal tersebut dilakukan minimal setiap 1-1,5 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Pontederia Cordata Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Dengan Mudah“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa