Cara Menanam dan Merawat Bunga Sepatu Dalam Pot

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Kembang Sepatu/Bunga Sepatu Dalam Pot – Bunga Sepatu atau Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) adalah jenis tanaman bunga dan merupakan salah satu tanaman perdu atau semak yang berasal dari suku Malvaceae. Tanaman bunga ini berasal dari Asia Timur, Kembang sepatu banyak ditanam untuk tanaman hias baik di iklim tropis maupun subtropis.

Bunga sepatu memiliki bunga berbentuk terompet yang terdiri dari 5 daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan dengan diameter bunga sekitar 6-20 cm. Tinggi tanaman bunga sepatu sekitar 2 hingga 5 meter, bentuk daunnya bulat telur melebar atau bulat telur sempit dengan ujung meruncing. Tanaman Bunga sepatu berkembang biak dengan cara cangkok, stek atau penempelan. Bunga sepatu memiliki variasi warna yang beragam seperti merah, putih kuning, biru, ada yang 2 warna dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Bunga Sepatu Dalam Pot

Bunga sepatu merupakan tanaman semak yang bisa hisup hingga 40 tahun lebih. Tanaman bunga sepatu ini dapat tumbuh pada daerah yang memiliki suhu 15 hingga 32 derajat celcius.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang akan digunakan untuk menanam bunga sepatu yaitu campuran tanah dan pupuk rendah fosfor serta tinggi kalium. Pada dasarnya bunga sepatu menyukai tanah yang asam. Jika pH tanah terlalu basa maka dapat menambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.

Penanaman Bunga Sepatu Dalam Pot

Jika media tanam telah selesai di buat, selanjutnya lakukan penanaman. Masukkan media tanam ke pot tanam, selanjutnya lubangi media tanam sedama 1 cm hingga 2 cm. Kemudian masukkan benih kembang sepatu secara perlahan ke dalam lubang tanam lalu tutup kembali dengan tanah tipis saja.

Cara Merawat Bunga Sepatu

Penyiraman dan Pemupukan

Lakukan penyiraman secara rutin namun secukupnya saja. Selain penyiraman, lakukan pemupukan agar nutrisi yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman terpenuhi. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kompos atau pupuk NPK yang diberikan secara berkala.

Pemangkasan

Agar tanaman bunga sepatu tetap terlihat rapi dan tidak berantakan, maka perlu dilakukan pemangkasan. Pemangkasan pada ranting atau dahan tanaman dilakukan guna memacu munculnya bunga yang lebih banyak. Apabila ada bagian tanaman yang mati atau rusak, segera dipangkas agar tunas baru cepat tumbuh.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Sepatu Dalam Pot“,¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa