Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga Bagi Pemula – Sutra Bombay (Portulaca grandiflora Hook) adalah salah satu jenis tanaman bunga hias yang banyak ditanam di pekarangan rumah atau taman. Bunha sutra Bombay atau dalam bahasa inggris disebut mossrose atau rossmose adalah tanaman bunga yang berasal dari Amerika Selatan seperti Argentina, Brazil Selatan dan Uruguay, namun kini sudah tersebar luas di Asia tenggara dan daerah beriklim panas lainnya.

Klasifikasi Sutra Bombay
Kingdom: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryphyllales
Famili: Portulacaceae
Genus: Portulaca L.
Spesies: Portulaca grandiflora Hook.

Sutra bombay merupakan tanaman terna semusim berbatang basah dan tumbuh keatas dengan ketinggian sekitar 15-30 cm. Daun bunga sutra bombay ini tunggal, tebal berair dan tidak bertangkai dengan letak daun berseling berdesakan dibagian ujung batang.

Bunga sutra bombay ini memiliki banyak warna bunga diantaranya seperti putih, merah, kuning, pink, jingga dan lain sebagainya dengan lima petal mahkota bunga dan berdiamater sekitar 2,5-3 cm. Keunikan bunga sutra bombay ini yaitu bunga akan mekar pada sekitar pukul 8 pagi dan akan layu saat menjelang sore. Bunga sutra bombay ini memiliki manfaat dan khasiat, manfaat bunga sutra bombay yaitu akar bunga dapat membantu mengobati sakit tenggorokan, ruam kulit dan sebagai zat detoksifikasi. Selain itu juga dapat menghilangkan bekuan darah dan digunakan sebagai zat analgesik dan anti radang.

Jika anda ingin menanam dan budidaya bunga sutra bombay ini, berikut cara membudidayakan bunga sutra bombay dan merawatnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay

Cara Pembibitan Bunga Sutra Bombay

Pembibitan atau perbanyakan bunga sutra bombay dapat dilakukan dengan cara stek batang. Caranya cukup mudah, potong batang tanaman yang akan dijadikan bibit dan bisa langsung di media tanam. Tapi jika belum sempat menanamnya, bibit dapat bisa disimpan di tempat lembab atau basah agar bibit tidak layu.

Cara Menanam Bunga Sutra Bombay

Sebelum melakukan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.

Jika semuanya sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit bunga sutra bombay pada media tanam dan agaak padatkan agar tanaman kokoh saat terkena air hujan atau angin. Lakukan penyiraman secara intersif pada saat masa awal tumbuh.

Cara Merawat Bunga Sutra Bombay

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman bunga sutra bombay ini yaitu penyiraman dan pemupukan. Karena tanaman bunga sutra bombay tidak membutuhkan banyak air, penyiraman dapat dilakukan seperlunya saja. Sedangkan pemberian nutrisi tanaman berupa pupuk dapat dilakukan secara rutin setiap 1,5 hingga 2 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Sutra Bombay Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa