Cara Menanam dan Merawat Cabe Pelangi/Cabe Rainbow Dalam Pot Dengan Mudah

Posted on

Panduan Cara Menanam dan Merawat Cabe Pelangi/Cabe Rainbow Dalam Pot Dengan Mudah

Cabai Pelangi atau Cabe pelangi merupakan salah satu jenis cabai yang umumnya digunakan sebagai tanaman hias. Cabai dengan nama asli Bolivian Rainbow ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Tananam cabai ini memiliki warna cabai yang beragam dalam satu pohon ada merah, kuning, hijau, oranye dan ungu. Mengapa cabai ini banyak digunakan untuk tanaman hias saja tidak dikonsumsi seperti layaknya jenis cabai yang lain? Hal ini dikarenakan karena tingkat kepedasan maksimal hanya sekitar 30.000 SHU yang jika dibandingkan dengan tingkat kepedasan masih lumayan jauh dengan cabe rawit yang memiliki tingkat kepedasan sekitar 50.000-100.000 SHU.

Banyak orang kini mulai menanam cabe hias pelangi ini untuk dijadikan tanaman hias baik itu didalam ruangan ataupun diluar ruangan karena warna cabe yang sangat beragam dan indah. Nah berikut adalah cara budidaya menanam cabe pelangi :

A. Mempersiapkan Media Tanam Cabe Pelangi
Sebenarnya untuk menanam jenis cabai hias yang satu ini tidak terlalu diperlukan media tanam yang terlalu khusus.  Cukup hanya dengan menggunakan tanah yang gembur yang memiliki kandungan zat hara yang cukup tinggi. Adapun campuran bahan media tanam yang digunakan untuk menanam cabe pelangi ini diantaranya adalah arang sekam, pasir, pakis kering, pupuk kandang atau pupuk kompos, dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1 :1 : 1. Semua bahan-bahan tersebut dicampurkan dan diaduk secara merata kemudian tempatkan dalam pot yang tentu saja harus memiliki drainase yang baik.

B. Pembenihan Cabe Pelangi
Pembenihan cabe hias pelangi ini di perbanyak melalui biji sama halnya dengan cabe pada umumnya. Namun, benih yang dipilih tentu saja adalah benih yang berasal dari buah yang benar-benar tua kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Sebelum di semai pada media tanam benih yang disiapkan biji tersebut harus di rendam terlebih dahulu dalam air. Setelah itu barulah disemai pada media semai. Lakukan penyiraman secara teratur jangan sampai kurang atau lebih dalam memberikan penyiraman. Dalam waktu 5 hari maka akan mulai muncul kecambah.

 C. Penanaman dan Perawatan Cabe Pelangi
Setelah bibit telah mencapai ketinggian sekitar 10 cm , selanjutnya bibit dipindahkan tanamkan ke dalam pot, dan kemudian setelah ditanam pot cabe pelangi tersebut dapat diletakkan di dalam ruangan ataupun di pekarangan rumah. Pemindahan bibit ke pot harus dilakukan dengan hati-hati agar akar dan batang tanaman cabe pelangi tidak busuk. Letakkan tanaman pada tempat yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup atau bisa juga di tempat yang teduh namun tetap mendapatkan cahaya matahari. Dalam waktu 3 bulan cabe pelangi hias pun akan mulai berbuah.

Walaupun banyak digunakan untuk tanaman hias dan hanya memiliki tingkat kepedasan sekitar 30.000 SHU, tak jarang pula cabai pelangi ini dikonsumsi untuk menambah cita rasa pedas oada sebuah masakan. Cabai ini juga banyak dikenal dengan nama ornamental pepper. Jika dikonsumsi biasanya cabai ini digunakan untuk menambah rasa pedas pada sayur, bahan sambal dan terkadang untuk pelengkap makan gorengan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Cabe Pelangi/Cabe Rainbow Dalam Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa