Cara Menanam dan Merawat Goji Berry Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Goji Berry Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Goji Berry (wolfberries) merupakan salah satu jenis berry yang berasal dari China dan tanaman berry ini masih satu keluarga dengan cabai, tomat, terong, kentang dan tobacco dalam famili Solanaceae.

Buah goji berry memiliki rasa yang manis. Biasanya buah ini dimakan langsung atau dibuat sebagai jus atau teh herbal. Atau, goji berry juga bisa diambil sarinya, dibuat menjadi serbuk dan table.

Goji berry mengandung banyak kandungan nutrisi, diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga. Selain itu, goji berry juga mengandung antioksidan tinggi yang spesifik, yaitu Lycium barbarum polysaccharides. Antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selain manfaat tersebut goji berry juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan, diantaranya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, membantu mengontrol gula darah, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan menghambat penuaan. Buah goji berry ini sebenarnya telah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama lebih dari 2000 tahun.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Goji Berry

Jika kalian ingin menanam atau budidaya tanaman goji berry, untuk mendapatkan bibit goji berry dapat diperoleh melalui penanaman biji atau stek tanaman induk. Tapi disarankan penanaman mengunakan bibit dari stek karena menjamin kualitas anakan akan menghasilkan tanaman yang sama dengan tanaman indukan. Tapi jika tidak ingin repot, bibit tanaman goji berry dapat diperoleh dengan membelinya di tempat penjualan bibit buah. Tapi sebelumnya, pastikan kalian mengetahui karakter khas dari tanaman ini dan menguasai teknik penanmananya sehingga hasil buah yang akan dipanen melimpah, sehat dan segar.

Cara Menanam Goji Berry Dalam Pot

Tanaman goji berry dapat ditanam dalam pot jenis apapun tapi dianjurkan jenis pot yang tinggi sehingga bisa mengakomodasi pertumbuhan akat tanaman goji berry dengan baik. Tanaman goji berry yang ditanam dalam pot dapat diletakkan dilura maupun di dalam ruangan. Tapi jika diletakkan dalam ruangan usahakan diletakkan dekat jendela agara terkena sinar matahari.

Cara Merawat Goji Berry

Lakukan perawatan dengan baik dan benar, lakukan penyiraman seperlunya saja hingga lahan disekitar tanaman menjadi lembab jangan terlalu banyak pada tanaman.

Ada banyak jenis jenis hama dan penyakit yang bisa mengganggu tanaman goji berry salah satunya adalah jamur, tapi jamur dapat dicegah dengan melakukan penyiraman saat pagi hari sehingga air dapat menguap secara sempurna.

Akan tetapi pastikan jika melakukan penyiraman, hanya akar tanamannya saja, karena daun dan batang goji berry tidak membutuhkan guyuran air.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Goji Berry Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa