Cara Menanam dan Merawat Kaktus Hias Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Hias Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula  РKaktus merupakan tanaman hias yang dikenal sebagai tanaman gurun, sehingga tak heran jika tanaman kaktus dapat tumbuh di daerah dengan lingkungan yang ekstrim. Terdapat berbagai jenis kaktus mulai dari kaktus berukuran besar dan tinggi hingga kaktus berukuran kecil dan pendek (kaktus mini), selain itu ada jenis kaktus berduri tanpa bunga, dan ada pula kaktus tanpa duri dam memiliki bunga yang indah. Karena keunikan yang dimiliki kaktus, banyak orang menanam kaktus ini sebagai tanaman hias di rumah mereka. Jika kalian ingin menanam kaktus sebagai tanaman hias, berikut selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Hias

Persiapan Bibit Kaktus

Bibit kaktus dapat diperoleh dari batang induk tanaman kaktus (cara menanam kaktus dengan stek) atau bisa juga membelinya di toko bunga atau tempat pembibitan. Pilihlah bibit yang unggul, tidak cacat, memiiki duri-duri yang masih sempurna, batang tidak memar dan memiliki arah tumbuh yang tegak lurus. Bibit yang akan digunakan sudah berumur lebih dari 3 bulan. Jika bibit diambil dari batang induk, pastikan batang sudah cukup umur. Silahkan pilih bibit yang kalian suka, namun keduanya sama cara penanamannya.

Persiapan Media Tanam

Kaktus hias membutuhkan media tanam yang kering dan tidak menahan air, sehingga akarnya tidak terlalu lama mengikat air. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan tanah merah dan yanah liat sebagai media tanam karena memiliki daya ikat air yang tinggi.

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam kaktus yaitu tanah pasir, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Jika media tanam sudah sap, selanjutnya siapkan pot berukuran 5-10 cm. Jika kaktus tinggi, pot yang digunakan setidaknya memiliki tinggi setengah dari tinggi kaktus. Pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik agar nantinya tanaman kaktus tidak membusuk.

Perawatan Tanaman Kaktus

Kaktus merupakan salah satu tanaman yang tidak begitu menyukai air, akan tetapi tetpa membutuhkan penyiraman. Penyiraman kaktus dapat dilakukan setiap seminggu sekali. Penggantian pot tanam dan media tanam dapat dilakukan setidaknya sekali dalam setahun. Peletakan kaktus juga perlu diperhatikan karena ada jeis tanaman kaktus yang menyukai sinar matahari dan ada juga yang tidak.

Kaktus yang baru ditanam jangan langsung diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, setelah minggu ketiga barulah dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Jika kaktus yang ditanam jenis kaktus yang tidak menyukai tempat yang tidak terkena matahari langsung namun sesekali perlu dilakukan pemindahan ke tempat yang terang.

Jika tanaman kaktus sudah terlihat tinggi, perlu dilakukan pemangkasan. Dan agar tidak terserang hama maka perlu dilakukan penyemprotan pestisida ataupun bakterisida secara berkala.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam dan Merawat Kaktus Hias Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa