Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Kaktus Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula – Kaktus merupakan anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Tanaman bunga kaktus ini dikenal sebagai tanaman gurun, jika wajar apabila kaktus memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap lingkungan yang ekstrim. Awalnya kaktus hanya berkembang di daerah gurun namun kini telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Terdapat berbagai jenis kaktus mulai dari kaktus yang tinggi hingga kaktus yang berukuran kecil, ada jenis kaktus berduri tanpa bunga dan ada pula kaktus tanpa duri dan berbunga.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Core Eudikotil
Ordo: Caryophyllales
Famili: Cactaceae

Cara Menanam dan Merawat Kaktus

Pembibitan Kaktus

Bibit kaktus dapat diperoleh dengan membeli di toko tanaman atau bisa dengan membuat sendiri sendiri dengan memilih bibit dari batang induk. Pastikan pilih bibit yang unggul, tidak cacat fisik. Pilih bibit kaktus yang durinya masih sempurna, batangnya tak mengalami memar dan memiliki arah tumbuh tegak lurus. Pilihlah bibit dengan umur sudah melebihi tiga bulan. Jika bibit diambil dari batang indukan, pastikan batang bibit juga telah mencukupi umur. Cara menanam kaktus dengan menggunakan batang dari induk sama dengan proses menanam menggunakan bibit dari toko tanaman.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam kaktus yaitu tanah pasir, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Cara menanam kaktus dengan menggunakan kompos atau pupuk organik lebih diyakini berhasil dibanding menggunakan pupuk kimia.

Selanjutnya, siapkanlah pot dengan ukuran disesuai. Apabila kaktus bentuknya membulat, maka bisa menggunakan pot dengan ukuran 5 cm hingga 10 cm. Apabila kaktus bentuknya tinggi, bisa menggunakan pot yang tingginya setengah dari tinggi kaktus. Pastikan pot memiliki sistem drainase cukup baik, agar kaktus Anda tidak membusuk.

Perawatan Kaktus

Kaktus termasuk tanaman yang tidak begitu menyukai air, namun kaktus tetap perlu disiram. Lakukan penyiraman kaktus setiap seminggu sekali. Lakukan pula penggantian pot dan juga media tanam paling tidak setiap setahun sekali. Perlu diingat, ada jenis kaktus yang menyukai sinar matahari, namun ada juga yang menyukai tempat yang gelap. Sesuaikan letak kaktus sesuai jenisnya, jangan sampai terbalik. Jangan langsung letakkan kaktus di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Setelah minggu ketiga masa tanam, baru pindahkan ke tempat yang banyak sinar matahari. Jika jenis kaktus yang ditanam menyukai tempat yang tidak terlalu banyak sinar matahari, sesekali perlu dipindahkan ke tempat yang terang.

Jika tanaman kaktus sudah terlalu panjang atau tinggi maka perlu dilakukan pemangkasan. Untuk melindungi tanaman ini dari hama yang menyerang, bisa dilakukan penyemprotan pestisida atau bakterisida secara berkala.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam dan Merawat Kaktus Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa