Panduan Cara Menanam dan Merawat Mangga Irwin/Mangga Ungu Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Menanam dan Merawat Mangga Irwin / Mangga Ungu Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Mangga atau mempelam (Mangifera indica) adalah nama buah sekaligus pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35-40 anggota.

Buah mangga termasuk kedalam kelompok buah batu (drupa) yang berdaging dengan memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada spesiesnya, mulai dari bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang Panjang buah berkisar antara 2,5–30 cm. Kulit buah mengga agak tebal berbintik kelenjar berwarna hijau, kekuningan atau kemerahan saat masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat.

Klasifikasi Mangga
Kerajaan: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: Mangifera indica

Ada banyak jenis buah mangga diantaranya mangga irwin/mangga ungu, mangga gedong gincu, mangga arumanis, mangga apel, mangga golek, mangga madu dan lain sebagainya.

Mangga irwin merupakan varietas mangga introduksi yang berasal dari australia yang memiliki keunikan tersendiri dari varietas mangga yang lain, kulit buah mangga irwin berwarna merah keungu-unguan, Warna merah sedikit ungu pada mangga irwin ini muncul disebabkan adanya hormon antosianin. Hormon antosianin berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 mµ. Pada mangga irwin antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai. Sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah. Pigmen karotenoid yang tersebar merata di kulit buah memberi latar warna kuning.

Rasa mangga irwin perpaduan antara rasa manis dan asam dengan bertekstur daging padat agak berair dengan serat cukup halus serta mengandung sedikit tepung. Ukuran mangga irwin cukup besar dengan berat sekitar 500 gram/buah dengan harga buah mangga irwin ini sekitar 35 ribu/kg.

Dengan keunikan dan harga yang dimiliki mangga irwin atau mangga ungu ini, banyak orang yang menanam bahkan budidaya mangga irwin ini di pekarangan atau kebun mereka. Berikut cara budidaya menanam mangga irwin selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Mangga Irwin/Mangga Ungu

Syarat Tumbuh Mangga Irwin

Lahan yang direkomendasikan untuk menanam mangga irwin ini yaitu lahan yang berada di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 700 mdpl, memiliki iklim tropis dengan suhu udara sekitar 30-35 derajat celcius serta lahan mendapatkan penyinaran matahari sepanjang hari.

Persiapan Bibit Mangga Irwin

Perbanyakan bibit mangga irwin ini dapat dilakukan melalui biji, okulasi atau dengan cangkok. Tapi jika tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit mangga irwin hasil okulasi atau cangkok di toko bibit tapi pilihlah bibit yang berkualitas unggul, sehat, berdaun hijau segar yang lebat dan berbatang kokoh.

Persiapan Lahan Tanam Mangga Irwin

Pertama, bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm lalu diamkan lubang tanam selama sekitar 2-3 hari agar bekteri dan racun dalam tanah hilang. Selanjutnya, tanah bekas galian lubang tersebut dicampur dengan pupuk kandang/kompos dan sekam.

Penanaman Mangga Irwin

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman, lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak media dan perakaran mangga irwin, lalu letakkan bibit ke dalam lubang tanam dan timbun dengan media yang sudah disiapkan sebelumnya yaitu campuran tanah, pupuk kandang/kompos dan sekam. Sedikit padatkan dan lakukan penyiraman secukupnya, bisa juga diberi ajir berupa bilah bambu sepanjang 1,5 meter untuk menopang tanaman agar tidak roboh.

Perawatan Tanaman Mangga Irwin

Lakukan Penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi lahan dan cuaca. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar pohon mangga irwin. Jika mangga irwin terserang hama dan penyakit maka segera lakukan penanganan dengan cara memberikan insektisida dan fungsida setiap 4-5 hari sekali.

Agara nutrisi yang dibutuhkan tanaman mangga irwin terpenuhi, maka lakukan pemupukan secara rutin setiap 1 (satu) bulan sekali. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk organik maupun kombinasi kimia dari pupuk NPK, pupuk kandang atau pupuk kompos dan pupuk organik cair penyubur tanaman dan pupuk pengganti pengocor tanaman.

Untuk merangsang pertumbuhan buah atau bunga, maka berikan hormon perangsang buah secara rutin setiap sebulan sekali. Biasanya hormon perangsang buah ini akan bereakse sekitar kurang dari 3 tahun.

Masa Panen Mangga Irwin

Jika ditanam dari hasil okulasi atau cangkok atau sambung, maka tanaman mangga irwin akan berbuah setelah berumur sekitar 2-4 tahun.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Cara Menanam dan Merawat Mangga Irwin / Mangga Ungu Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa