Cara Menanam dan Merawat Miracle Fruits Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Buah Ajaib (Miracle Fruits) Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula – Miracle Fruits atau buah ajaib (Synsepalum dulcificum) adalah tumbuhan yang dikenal akan buah buninya karena buah tersebut jika dimakan akan membuat makanan asam seperti lemon dan jeruk limau menjadi terasa manis. Tanaman ini bisa mencapai ketinggian 6 meter dan rimbun dengan buah berwarna merah cerah.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiosperms
(tidak termasuk): Eudicots
(tidak termasuk): Asterids
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Synsepalum
Spesies: Synsepalum dulcificum

Buah buni tumbuhan ini memiliki kandungan gula yang rendah dan bau yang agak manis. Hal tersebut disebabkan karena kandungan glikoprotein yang disebut mirakulin. Saat buahnya dimakan, molekul tersbeut mengikat ke pengecap pada lidah. Jika kandungan pH makanan netral, mirakulin mengikat dan memblok reseptor. Akan tetapi, jika kandungan pH rendah, mirakulin mengikat protein dan bisa mengaktivasi reseptor manis. Hal tersebut akan berlangsung hingga protein tersebut dihilangkan oleh ludah.

Cara Menanam Miracle Fruits Di Pekarangan Rumah

Syarat Tumbuh Miracle Fruits

Walaupun tanaman Miracle Fruits berasal dari daerah panas Afrika Barat, namun cocok ditanam di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh pada iklim tropis dan daerah dengan ketinggian rata-rata sekitar 100 – 1000 m dpl. Namun tanaman ini menghendaki area tanam yang bersih dari gulma, tanah cukup subur dan gembur serta banyak mengandung organik, lahan tidak ternaungi oleh tanaman lain dan mendapatkan sinar marahari sedang hingga penu

Cara Mendapatkan dan Memilih Bibit Miracle Fruits

Jika terdapat induknya, bibit miracle fruits dapat diperoleh dengan cara vegetatif (stek) atau dari generatif (biji). Namun jika tidak ingin ribet, bibit dapat diperoleh di toko bibit, pilih bibit yang sudah bersertifikat unggul, sehat bebas dari hama maupun penyakit, berdaun hijau segar tidak layu dan kering, percabangan yang banyak cukup rindang, batang lebih kokoh tidak kurus.

Persiapan Lahan Tanam Miracle Fruits

Bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, setelah itu, gemburkan tanah dengan cara di cangkul atau dibajak. Selanjutnya, buatlah lubang tanam berukuran 50x50x50cm. Kemudian tanah bekas galian dapat digunakan untuk penutup penanaman nantinya, tapi sebelumnya tanah tersebut dicampur terlebih dahulu dengan kompos/pupuk kandang yang sudah matang dan juga sekam.

Lubang tanam tersebut diistirahatkan terlebih dahulu selama 2-3 harian dan biarkan tersinari matahari sepenuhnnya. Tujuannya yaitu untuk mengatasi bibit hama dan penyakit pada lubang tanam agar mati.

Penanaman Miracle Fruits

Jika semuanya sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Ambil bibit miracle fruits dan lepaskan terlebih dahulu plastik polybagnya dengan hati-hati agar tidak tidak merusak perakarannya. Letakkan bibit di tengah lubang taam dengan posisi tegak lalu timbun kembali dengan media tanam berupa campuran tanah galian lubang dengan kompos dan sekam. Sedikit padatkan agar tidak mudah roboh, lakukan penyiraman seperlunya saja.

Perawatan Miracle Fruits

Agar tanaman tidak mudah roboh dapat dilakukan pemasangan ajir dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran tanaman. Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman terpenuhi, maka lakukan pemupukan secara rutin dengan pupuk organik dan kombinasi pupuk kimia. Pemupukan tersebut dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali.

Tanaman miracle fruits dari biji dapat berbuah setelah berumur sekitar 2-3 tahun. Agar buah cepat muncul, dapat diberikan hormon perangsang buah setiap 1 bulan sekali.

Penyiraman dapat dilakukan cukup 1 kali sehari, tapi tergantung kondisi media tanamnya dan rajin membersihkan gulma di area sekitar tanaman. Jika tanaman terserang hama dan penyakit, dapat diberikan insektisida dan fungisida hayati setiap 5 hari sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Miracle Fruits Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa