Cara Menanam Dan Merawat Palem Kipas Di Pekarangan Rumah Agar Cepat Tumbuh

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Palem Kipas Di Pekarangan Rumah Agar Cepat Tumbuh  – Palem Kipas (Livistona saribus) adalah salah satu jenis palem yang termasuk dalam suku Strelitziaceae yang berasal dari hutan sekunder Madagascar. Tanaman palem ini memiliki bentuk daun seperti kipas.

Klasifikasi Palem Kipas
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Arecidae
Ordo : Arecales
Famili : Arecaceae (suku pinang-pinangan)
Genus : Livistona
Spesies : Livistona spp.

Palem ini merupakan palem yang tergolong unik, karena palem ini mempunyai batang pendek, sehingga cocok ditanam sebagai tanaman pot maupun tanaman pekarangan rumah.

Cara Menanam Dan Merawat Palem Kipas

Pembibitan Palem Kipas

Pembibitan palem kipas dapat dilakukan dengan cara generatif atau melalui perbanyakan biji. Pilihlah biji yang sudah tua lalu keringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Jika sudah kering, simpan bibit benih palem kipas tersebut minimal 3 minggu baru bisa disemai. Semaikan pada media tanam berupa campuran tanah dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Tanam benih pada media tanam dan rawat hingga tunasnya tumbuh baik dengan tinggi minimal 30 cm. Setelah itu, bibit baru bisa dipindahkan ke areal tanam permanen.

Cara Menanam Palem Kipas

Pertama, siapkan media tanam dengan komposisi dan olahan yang sama dengan media semai yaitu campuran tanahdan pupuk kandang atau kompois dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya gali lubang sedalaman 15-20 cm, lalu tanam bibit dan timbun kembali dengan media tanam, berikan tekanan sedikit pada timbunan agar tanaman tidak mudah roboh terkena angin atau air hujan. Lakukan penyiraman secara rutin minimal sehari sekali agar tanaman tumbuh dengan baik pada awal masa tanam.

Cara Merawat Palem Kipas

Setelah tanaman palem kipas ini tumbuh baik, maka penyiraman hanya dilakukan seperlunya saja jika tanaman butuh air. Selain itu, lakukan pula perampalan dan penyiangan jika diperlukan dan akan lebih efektif jika hal tersebut dilakukan bersamaan dengan pemupukan yaitu dilakukan setiap 1,5-2 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Palem Kipas Di Pekarangan Rumah Agar Cepat Tumbuh “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa