Cara Menanam dan Merawat Palem Kuning Untuk Tanaman Hias Pekarangan Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Palem Kuning Untuk Tanaman Hias Pekarangan Rumah – Palem kuning adalah salah satu jenis tanaman hias yang sering dijumpai di pekarangan rumah. Tanaman palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens Dypsis lutescens) adalah tanaman hias yang termasuk dalam suku pinang-pinangan yang berasal dari madagaskar. Tanaman palem kuning ini dapat tumbuh hingga ketinggian 3 meter. Pencinta tanaman hias menyukai palem kuning ini sebagai tanaman hias pekarangan karena pelm kuning memiliki tampilan yang memepesone dengan daun menyirip berwarna hijau kekuning-kuningan dan pelepah berwarna kuning terang.

Klasifikasi Ilmiah Palem Kuning
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Ordo : Arecales
Famili : Arecaceae
Genus : Chrysalidocarpus
Spesies : C. lutescens

Bagi anda yang ingin melakukan budidaya atau menanam palem kuning ini, berikut adalah cara selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Palem Kuning

Syarat Tumbuh Palem Kuning

Palem kuning dapat tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis dengan suhu sekitar 25 hingga 33 derajat celcius. Tanaman palem kuning ini juga dapat tumbuh pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

Pembibitan Palem Kuning

Bibit palem kuning dapat diperoleh dengan 2 (dua) cara yaitu dengan menggunakan biji dan dengan menggunakan anakan. Tapi disarankan untuk menggunakan bibit yang berasal dari biji daripada menggunakan bibit dari anakan karena tingkat keberhasilannnya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan anakan. Cara pembibitan dengan menggunakan biji yaitu pilih biji yang berasal dari indukan yang memiliki kualitas baik, setelah biji siap, selanjutkan semai biji. Jika sudah tumbuh tunas, bibit dapat dipindah tanamkan media tanam yang telah disiapkan.

Persiapan Media Tanam Palem Kuning

Media tanam merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman berawal dari media tanam yang baik dan sesuai dengan karakteristik sang tanaman. Media tanam untuk menanam palem kuning, yang harus dipersiapkan yaitu campuran pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, dan yang terpenting memiliki tingkat ph (tingkat keasaman) tanah memiliki kadar sekitar 6,5.

Cara Merawat Palem Kuning

Untuk merawat tanaman palem kuning ini, tak berbeda dengan perawatan jenis tanaman lainnya. Tanaman harus rutin disiram dan diberi pupuk secara berkala.Pemupukan ini dilakukan sesuai dengan usia tanaman. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupujk organik maupun pupuk non organik. Sedangkan p[enyiraman dilakukan disesuaikan dengan kondisi media tanam tapi jangan terlalu sering disiram karema dapat menyebabkan busuk akar.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Palem Kuning Untuk Tanaman Hias Pekarangan Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa