Cara Menanam dan Merawat Pohon Cemara Afrika “Tanaman Hias Pohon Natal” Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Pohon Cemara Afrika “Tanaman Hias Pohon Natal” Di Rumah Bagi Pemula – Cemara Afrika adalah salah satu jenis pohon cemara yang tumbuh tinggi dengan ujung mengerucut. Cemara afrika ini sering digunakan sebagai pohon natal. Cemara yang digunakan sebagai pohon natal biasanya pohon yang berukuran sedang dengan ketinggian sekitar 2-5 meter. Selain digunakan sebagai pohon natal, pohon cemara afrika ini juga sering dijadikan sebagai tanaman hias penyambut tamu di pekarangan rumah. Berikut cara menanam dan merawat pohon cemara afrika, selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Pohon Cemara Afrika

Cara Pembibitan Pohon Cemara Afrika

Pembibitan atau perbanyakan tanaman cemara afrika dapat dilakukan dengan cara cangkok. Cari batang yang sudah cukup umur dan memiliki panjang lebih dari sekitar 30 cm. Potong dan kerat kulit batangnya lalu bungkus dengan tanah yang dibalut dengan plastik. Lakukan penyiraman setiap hari agar akar cepat tumbuh. Jika sudah tumbuh banyak akar maka potong dan diamkan selama sehari semalam di tempat lembab, baru besoknya bibit cangkoknya dapat ditanam.

Cara Menanam Pohon Cemara Afrika

Sebelum melakukan penanaman, siapkan media tanam untuk menanam pohon cemara afrika. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 20-25 cm lalu tanam bibit dalam lubang tanam tersebut. Kemudian timbun dengan media tanam yang telah disiapkan lalu padatkan media tanam disekitar bibit agar bibit tumbuh tegak dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman secara teratur agar bibit cepat tumbuh dan kesegarannya tetap terjaga.

Cara Merawat Pohon Cemara Afrika

Perawatan yang perlu dilakukan pada cemara afrika tidak begitu sulit. Lakukan penyiraman secara teratur yaitu setiap 2-3 hari sekali. Lakukan pemangkasan pada batang cemara afrika ini jika diperlukan. Sellain perawatan tersebut, lakukan pula pemupukan secara berkala setiap 2 hingga 2,5 bulan sekali. Bersamaan dengan pemupukan, lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di sekitar tanaman cemara afrika.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Pohon Cemara Afrika “Tanaman Hias Pohon Natal” Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa