Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang “Tanaman Pelindung” Di Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang “Tanaman Pelindung” Di Rumah¬† – Glodokan Tiang (Polyalthia longifolia) adalah tanaman berupa pohon yang termasuk jenis pohon evergreen dan berasal dari wilayah India. Tanaman ini disebut sebagai pohon evergreen karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik meski lingkungan tempat menanamnya mengalami perubahan cuaca atau iklim. Tanaman glodokan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 30-35 meter.

Klasifikasi Glodokan Tiang
Kingdom: Plantae
Filum: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Polyalthia
Spesies: Polyalthia longifolia

Tanaman glodokan ini termasuk tanaman populer yang sering dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman pagar hidup ataupun tanaman pelindung yang dapat menyerap polusi. Berikut Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang:

Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang

Cara Pembibitan Pohon Glodokan Tiang

Pembibitan tanaman glodokan tiang dapat dilakukan melalui biji. Tanam biji glodokan tiang dengan cara menyemainya terlebih dulu pada media tanam yang dibuat dari campuran tanah dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 yang sudah dimasukkan dalam polybag semai. Semai bibit yang sudah matang saja, yang sudah kering sempurna dan didiamkan minimal selama 3 minggu. Semaikan bibit hingga tumbuh tunas dengan ketinggian 15 cm baru, setelah itu bibit dapat dipindahkan ke lahan tanam sebenarnya.

Cara Menanam Pohon Glodokan Tiang

Setelah bibit siap, maka tanam pada media tanam dengan pengolahan yang sama seperti pengolahan media semai yaitu campuran tanah dan pupuk kandang/pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 . Usahakan penanaman dilakukan bersama dengan media tanam dalam polybag semainya. Tata dalam posisi tanam yang dikehendaki agar tanaman dapat tumbuh dengan baik misalnya berderet, melingkar, membentuk persegi dan lain sebagainya. Lakukan penyiraman secara intensif agar tanaman bisa tumbuh baik di awal masa tanam.

Cara Merawat Pohon Glodokan Tiang

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman glodokan tiang yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukan apabila dibutuhkan saja atau melihat kondisi lahan tanam. Sedangkan pemupukan dapat dilakukan minimal setiap 1 hingga 2,5 bulan. Namun selain dua perawatan tersebut, dapat dilakukan pula pemangkasan jika tidak ingin tanaman tumbuh tinggi.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Pohon Glodokan Tiang “Tanaman Pelindung” Di Rumah¬†“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa