Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot Bagi Pemula – Putsa atau Apel India (Ziziphus Mauritiana Lam) adalah salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari India yang memiliki buah seperti tomat belum masak tapi rasanya manis, renyah seperti apel, berukuran kecil yaitu sekitar 5 cm. Pohon apel india ini merupakan tanaman semak berduri dengan batang dan daun hijau

Tanaman apel India ini dapat tumbuh diberbagai kondisi. Di Indonesia, tanaman putsa atau apel India sulit didapatkan, jika ada harga bibit bisa sangat tinggi bisa mencapai 100 ribuan per bibit.

Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot

Syarat Tumbuh Putsa

Putsa termasuk tanaman buah yang mudah beradaptasi di berbagai kondisi dan lingkungan. Habitatnya berada di dataran dengan ketinggian tempat 0-1.500 m dpl, mampu bertahan pada kondisi kering dengan curah hujan hanya 150-2.500 mm per tahun, membutuhkan cahaya matahari berkisar 50-60% per hari dan suhu sekitar 16-27° C dengan kelembapan sekitar 80%.

Pemilihan Bibit Putsa

Bibit putsa dapat diperoleh dengan membelinya di toko tanaman dengan harga bibit putsa berkisar antara 100 hingga 500 ribu rupiah. Pilihlah bibit yang baik, yang sehat dan bebas dari hama dan penyakit.

Cara Menanam Putsa Dalam Pot

Pot yang digunakan bisa berupa pot tanah atau pot plastik dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran bibit pohon putsa atau apel india tersebut serta pastikan memiliki lubang drainase yang baik.

Selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran tanah merah, pupuk kandang, sekam mentah dengan perbandingan 1:1:1 atau campuran tanah merah, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2:3.

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam ke pot lalu buat lubang tanam dan tanam bibit lalu timbun kembali dan sedikit padatkan.

Cara Merawat Putsa Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 2 kali sehari atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Lakukan pula pemupukan agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman terpenuhi. Bibit putsa yang berumur setahun setelah okulasi, diberi pupuk NPK dengan dosis sekitar 25 gram. Jika tanaman sudah lebih besar, dosis pupuk ditingkatkan menjadi 2-3 kali lipat. Untuk menambah kesuburan, berikan pula pupuk kandang dengan dosis 5-10 kg per pot setiap 6 bulan sekali.

Masa Panen Putsa atau Apel India

Buah putsa atau apel india, umumnya dapat berbuah setelah berumur sekitar 1 hingga 2 tahun. Tanaman apel india atau putsa ini dapat berbuah sepanjang tahun dan menghasilkan buah yang produktif.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa