Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan Bagi Pemula Di Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan Bagi Pemula Di Rumah – Flamboyan (Delonix regia) merupakan tanaman dengan pohon besar dan bunga berwarna merah cerah. Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung dengan ketinggian sekitar 9-15 meter diatas permukaan laut. Pohon flamboyan banyak ditanam di daerah tropis dan sub tropis sebagai tanaman hias.

Ciri-ciri flamboyan: daun flamboyan memiliki permukaan berbulu dengan sistem pertulangan daun menyirip. Bunga flamboyan berwarna indah yaitu merah atau oranye merah, bunga tersebut memiliki diamaeter yang cukup besar yaitu dapat mencapai ukuran sekitar 10 cm. Selain memiliki warna oranye cerah dan bagian mahkota paling atasnya terdapat warna putih kekuningan dengan bercak berwarna merah.

Klasifikasi ilmiah Flamboyan
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Genus: Delonix
Spesies: D. Regia

Selain bunganya yang indah, ternyata bunga ini memiliki banyak khasiat dan manfaat diantaranya yaitu dapat dijadikan sebagai obat malaria karena daun dan bijinya mengandung alkanoid yang cukup tinggi; sebagai penghiasan ruangan; sebagai tanaman peneduh

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan

Cara Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan

Pembibitan flamboyan dapat dilakukan melalui biji. Ambil biji flamboyan yang sudah tua, lalu dijemur dibawah terik matahari hingga biji benar-benar kering total, lalu simpan biji tersebut dengan selama sekitar 3-4 minggu. Selanjutnya, setelah disimpan kurang lebih sekitar 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang dibuat dari campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Semai biji dan rawat dengan baik hingga bibit setinggi 1 m baru dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Cara Menanam Bunga Flamboyan

Jika bibit sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit ke media tanam yang sama seperti cara pengolahan media semai tadi yaitu campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Buat lubang dengan kedalaman minimal sekitar 50 cm dan tanam dengan arah tegak lurus agar tanaman tumbuh dengan baik. Kemudian, timbun kembali dan padatkan media tanam agar kuat. Lalu lakukan penyiraman secara rutin saat awal masa tumbuhnya.

Cara Merawat Tanaman Bunga Flamboyan

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan dan juga pemupukan. Pemupukan dilakukan untuk menyuburkan tanah, pemupukan tersebut dapat dilakukan secara berkala yaitu setiap 2,5-3 bulan sekali. Tapi meskipun tidak dipupuk sama sekali pohon flamboyan akan tetap tumbuh baik dan berbunga indah namun tidak lebat.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Flamboyan Bagi Pemula Di Rumah”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa