Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Iris Yang Benar Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Iris Yang Benar Bagi Pemula – Bunga Iris atau bunga airis adalah salah satu jenis tanaman bunga tahunan yang memiliki tampilan yang indah, bunga ini memiliki warna yang beragam seperti putih, kuning, biru, ungu dan lainnya. Sehingga tak heran jika banyak pekebun yang melakukan budidaya bunga ini dibandingkan dengan tanaman bunga lainnya.

Selain memiliki warna yang beragam, alasan banyak pekebun yang melakukan bunga iris ini yaitu karena beberapa jenis bunga iris memiliki aroma wangi saat bunga mekar, mudah dan cepat untuk dikembangbiakan dan di tumbuhkan, jarang terserang hama dan penyakit serta saat berbunga setiap setahun bunga akan mekin banyak dari hari ke hari. Bahkan kini ada tanaman iris hibrid dengan masa berbunga 2 kali setahun.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Iris

Persiapan Bibit Bunga Iris

Bibit bunga Iris dapat diperoleh dari perbanyakan melalui rimpang maupun biji. Namun lebih banyak yang melakukan perbanyakan dengan akar rimpang karena lebih mudah dan lebih cepat tumbuh. Sebelum anda menanam bbunga iris ini, anda harus memilih jenis tanaman bunga iris yang dapat bertahan dengan baik dilingkungan anda, walaupun pada dasarnya bunga iris memiliki ketahanan yang baik dan mudahj tumbuh. Berikut 3 jenis bunga iris yang mungkin cocok di tanam di daerah anda.

Iris Bleadless
Jenis bunga iris berasal dari Eropa Tengah dan Eropa Selatan. Jenis ini dapat tumbuh dengan baik apabila mendapatkan cahaya matahari penuh.

Iris Lousiana
Jenis bunga iris ini berasal dari tenggara Amerika Serikat. Jenis bunga iris ini dapat tumbuh dengan baik diberbagai kondidi lingkungan Namun apabbila kurang mendapatkan asupan air maka bunga tidak akan mekar dengan indah.

Iris Siberia
Jenis bunga iris ini berasal dari Eropa Tengah dan Timur serta Turki. Jenis ini dapat tumbuh dengan sangat baik terutama pada daerah dengan iklim sedang.

Cara Menanam Bunga Iris

Setelah memilih jenis bunga iris yang cocok dengan daerah disekitar anda, maka anda dapat dapat langsung menanamnya. Waktu tanam yang baik untuk menanam bunga iris ini yaitu pada akhir musim kemarau/musim panas. Berikut langkah-langkah menanam bunga iris:

Tanamlah bunga iris pada lahan atau tempat yang mendapatkan sinar matahari sekitar 6-8 jam per hari. Tanah pada lahan tanam yang akan digunakan harus memiliki aerasi dan drainase yang baik dengan kandungan sedikit asam yaitu memiliki pH sekitar 6,8-7. Jika tanah yang digunakan tanah liat memiliki drainase yang buruk, tambahkan humus atau bahan organik agar permeabelitas tanah meningkat.

Selanjutnya, tanam rimpang tanaman bunga iris dengan benar. Tanam rimpang jangan terlalu dalam, sisakan bagian rimpang di atas permukaan tanah agar bisa mendapatkan udara. Pastikan akar rimpang yang berwarna cokelat berada di dasar tanah dengan sebagian rimpang menengadah ke atas.

Penanam rimpang bunga iris ini jangan terlalu dekat jadi perlu diberi jarak. Karena jika terlalu dekat akan terjadi perebutan nutrisi yang nantinya dapat menghambat pertumbuhan tanaman bunga iris.

Cara Menanam Tanaman Bunga Iris

Pemupukan
Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhaka tanaman bunga iris maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dilakuka n di awal musim semi, jika di Indonesia pemupukan tersebut dilakukan menjelang akhir musim penghujan.

Penyiraman
Lakukan penyiraman scara teratur pada awal tanam. Perhatikan kondisi tanah, jika terlihat kering maka lakukan penyiraman setiap 7-10 hari pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan secukupnya saja jangan berlebih karena dapat membuat rimpang busuk dan tidak tumbuh. Jika tanaman iris sudah tumbuh, penyiraman dilakukan secara berkala.

Pemangkasan
Tangkai dan daun iris yang kelihatan kecokelatan dan layu langsung dipangkas. Tujuannya agar jaringan daun yang mati hilang dan daun hijau lainnnya terselamatkan.

Perhatikan Kondisi Rimpang
Periksalah keadaan rimpang, jangan sampai rimpang tertutup kotoran, sampah ataupun bahan organik lainnya. Jika tertutup, bersihkan rimpang dengan menyikatnya secara lembut tanpa memindahkan akat dan juga tanamannya. Tambahkan humus apabila keadaan tanah memiliki drainase yang kurang baik.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Iris Yang Benar Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa