Cara Menanam dan Merawat Tanaman Dieffenbachia Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Dieffenbachia/ Daun Bahagia/Bunga Bahagia Bagi Pemula – Dieffenbachia adalah salah satu jenis tanaman hias populer yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Keindahan tanaman hias ini terletak pada bentuk tajuk dan warna daun yang bervariasi yaitu berwarna hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning. Tanaman hias Dieffenbachia dikenal juga dengan nama daun bahagia atau bunga bahagia.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Genus: Dieffenbachia

Getah batang dan daun Dieffenbachia mengandung kalsium oksalat berbentuk jarum dalam selnya dan bisa menyebabkan gatal maupun kejang pada bibir dan lidah.

Walaupun setelah beberapa waktu dapat pulih kembali, gejala ini bisa menyebabkan syok, dan meskipun langka, ini juga dapat menyebabkan kematian jika kejang mengganggu saluran pernapasan.

Varietas Jenis Tanaman Dieffenbachia/Daun Bahagia

Terdapat beberapa jenis tanaman hias Dieffenbachia/Daun Bahagia, diantaranya:

Dieffenbachia amoena
Batang tanaman Dieffenbachia ini besar , daunnnya hijau dan lebar. Tiap helai daun terdapat bintik-bintik krem memanjang pada siripnya .

Dieffenbachia marianne
Jenis tanaman Dieffenbachia ini memiliki daun berwarna putih kekuningan dengan bagian tepi daun berwarna hijau.

Dieffenbachia maculata
Jenis tanaman Dieffenbachia ini memiliki warna daun hampir seluruhnya berwarna kuning, urat dan bagian tepi daun berwarna hijau tua.

Dieffenbachia camilla
Jenis tanaman Dieffenbachia ini memiliki warna daun putih kekuningan pada bagian pusat daun. Sedangkan pada bagian tepi daun berwarna hijau. Warna hijau bagian tepi daun ini agak lebih lebar.

Dieffenbachia Hoffmanii
Jenis tanaman Dieffenbachia ini memiliki warna dasar daun hijau tua atau gelap, memiliki bintik – bintik putih dan urat daun bagian tengah putih.

Tanaman hias dieffenbachia bukanlah tanaman yang susah untuk ditanam dan dirawat. Jadi tak heran jika banyak orang yang mencoba menanam tanaman hias ini dipekarangan rumah mereka.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Dieffenbachia

Syarat Tumbuh

Tanaman daun bahagia atau Dieffenbachia akan tumbuh baik di tempat yang mendapat cahaya matahari tidak langsung. Jika tanaman ini menggunakan cahaya buatan yang berasal dari cahaya lampu , dibutuhkan cahaya berkekuatan 250 – 400 f.c. selama 12 hingga 14 jam per hari.

Dieffenbachia memerlukan suhu lingkungan pada siang hari 75°F-85°F dan suhu malam hari 65°F-70°F dengan kelembapan sekitar 50%.

Pembibitan Tanaman Dieffenbachia

Pembibitan tanaman Dieffenbachia dapat dilakukan dengan cara di stek batang. Pertama, ambil beberapa batang yang sehat dan kuat dengan ukuran masing-masing sesuai untuk ditanam. Selanjutnya, potong batang hingga tersisa 4-5 ruas dengan 2-3 batang mata tunas. Letakkan bibit tersebut dalam media tanam yang lembab. Tunggu hingga bibit keluar akar tunas, lalu pindahkan ke media tanam yang telah dipersiapkan.

Penanaman Tanaman Dieffenbachia

Siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Setelah media tanam siap, tanam bibit yang sudah memiliki dua ruas yang telah berakar ke dalam media tanam. Selanjutnya, tekan-tekan hingga padat agar bibitnya tidak mudah roboh. Setelah itu, berilah sedikit air, agar media tanamnya menjadi lembab.

Perawatan Tanaman Dieffenbachia

Tanaman Dieffenbachia terbilang sangat mudah untuk dirawat. Saat tanaman terlihat agak mengalami kekeringan, lakukan penyiraman sesekali agar tanaman kembali segar. Agar nutrisi tanaman terpenuhi, lakukan pemupukan minimal dua bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Dieffenbachia Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa