Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning, Mudah!

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning, Mudah! – Tanaman hias bunga Kemuning merupakan salah satu jenis bunga yang banyak ditemui di perkarangan rumah. Keindahan tanaman kemuning terletak pada bunga dan buahnya. Bunga kemuning memiliki bau yang harum, sedangkan buahnya berjumlah banyak dan berwarna merah. Daun bunga kemuning mirip dengan daun jeruk dengan ukuran kecil sehingga cocok sebagai tanaman hias. Tanaman bunga sangat mudah untuk ditanam dan dirawat. Bagi kalian yang ingin mengetahui cara menanam dan merawat bunga kemuning, kali ini kita akan membahas selengkapnya. Berikut ini adalah cara menanam dan merawat bunga kemuning.

Cara Menanam Bunga Kemuning

Persiapan Bibit Bunga Kemuning

Pembibitan bunga kemuning dapat dilakukan dengan biji buah yang telah berwarna merah gelap, yang sebelumnya dijemur dulu hingga kering lalu disimpan di plastik atau toples untuk tetap terjaga dan kering.

Selain dengan biji, menanam bunga kemuning dapat dilakukan dengan cara cangkok. Berikut ini adalah cara mencangkok tanaman kemuning:

  • Pilihlah  batang yang telah  memiliki ukuran minimal satu jari telunjuk orang dewasa.
  • Pilihlah  batang atau cabang yang arah tumbuhnya ke atas.
  • Memiliki kerat kulit sepanjang sekitar 3 cm.
  • Selanjutnya, kerok bagian kayu hingga terasa kasar.  Ini berarti bagian kambium telah terbuang habis. Biarkan selama 1 hingga 2 hari.
  • Kemudian, siapkan lembaran plastik dan media tanam berupa tanah halus atau moss.
  • Bungkus bagian batang atau cabang yang telah dikerat (bagian batas keratan harus berada dalam bungkusan).
  • Jaga kelembaban media tanam dengan melakukan penyiraman secara rutin.

Kelebihan dari perbanyakan vegetatif ini yaitu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan tanaman kemuning berukuran besar

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dengan pupuk kompos, atau pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1 : 1.

Penanaman Bunga Kemuning

Jika semua telah siap, segera lakukan penanaman, penanaman ini dapat dilakukan di pot, polybag atau lahan pekarangan rumah langsung.

Masukkan media tanam yang telah disiapkan ke pot, polybag, atau tempat tanam lainnya, selanjutnya dimasukkan biji kemuning ke media tanam, dan tutup dengan tanah dan siram jika dibutuhkan atau tanahnya mengering.

Cara Merawat Bunga Kemuning

Tanaman bunga kemuning membutuhkan media tanam yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, maka lakukan penyiraman secukupnya saja. Agar tanaman cepat tumbuh dan bunga cepat mekar dan tumbuh dengan baik lakukan pemupukan satu bulan sekali dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Tanaman bunga kemuning dapat dibentuk menjadi bonsai, tanaman pagar atau tanaman hias sela tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning, Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa