Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Puring

Posted on

Panduan Lengkap Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Hias Bunga Puring Dengan Mudah

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Puring. Nah, Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Bunga Puring (Codiaeum variegatum) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang biasa ditanam pada pot sebagai hiasan di teras rumah. Daya tarik dari tanaman hias puring ini terdapat pada daunnya yang memiliki warna merah maroon yang berkombinasi dengan warna lain seperti hijau, putih, kuning, dan lainnya, daunnya agak besar dengan bentuk lonjong dan melebar. Terdapat banyak variant jenis tanaman hias bunga puring.Untuk menanam bunga puring tidak membutuhkan perlakuan yang istimewa, untuk itu kami akan memberikan tips dan cara menanam bunga puring yang baik dan benar. Berikut adalah cara menanam dan merawat tanaman hias bunga puring dengan mudah:

A. Menanam Tanaman Hias Bunga Puring
Bunga puring dapat di perbanyak dengan cara menanam biji atau bisa juga dengan cara cangkok ataupun stek. Jika menanam menggunakan biji biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan hasilnya tidak selalu sama dengan tanaman induknya.
Jika menanam menggunakan cara cangkok atau stek, kalian harus memilih dahulu batang yang sudah cukup tua untuk di cangkok atau di stek. Selanjutnya potong batang yang sudah di pilih kemudian rendam pada cairan penumbuh selama sekitar 15 menit. Untuk menghindari infeksi pada batang indukan oleskan fungisida pada bekas potongan batang. Lalu tanam potongan batang tadi pada pot yang sudah diisi media tanam berupa campuran tanah humus, pasir, pupuk kandang dan abu sekam, kemudian tutup potongan batang dengan plastik agar mengurangi penguapan. Letakkan tanaman pada tempat teduh dengan suhu berkisar 28°C-30°C. Lakukan penyiaman secara rutin sebanyak 2 kali sehari agar tetap terjaga kelembabannya, tapi pada musim hujan intensitas penyiraman di kurangi.

B. Merawat Tanaman Hias Bunga Puring
a. Penyiraman
Tanaman hias bunga puring sangat menyukai air. Oleh karena itu, lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Tapi jika musim hujan lakukan pengurangan intensitas penyiraman menjadi 1 kali sehari yaitu cukup pada pagi hari saja.
b. Cahaya Matahari
Untuk mendapatkan tanaman hias puring yang subur, letakkan tanaman hias puring tersebut pada tempat teduh tetapi matahari tetap bisa menjangkaunya, karena jika kekurangan cahaya matahari tanaman hias puring akan memiliki daun yang tidak indah yaitu hanya berwarna hijau saja tanpa ada campuran warna lain seperti daun puring biasanya.
c. Pemangkasan
Lakukan pemangkasan secara teratur pada tanaman puring agar tanaman puring dapat tumbuh dengan baik dan memiliki batang yang rapi. Dengan pemangkasan pula batang tanaman puring akan memiliki cabang yang banyak dan tentunya akan bisa cepat tumbuh.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Puring“, semoga bermanfaat dan jangan luap ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa