Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir Bagi Pemula – Suplir atau paku suplir (Adiantum capillus venesis) merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang memiliki keindahan bentuk dan juga warna daun hijau yang dapat menyejukan mata. Tanaman hias ini biasanya juga tumbuh pada dinding yang berlumut. Pada habitat aslinya tanaman hias suplir ini tumbuh didaerah yang cukup dan jarang terkena sinar matahari secara langsung.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Suplir
Kingdom: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Ordo: Pteridales
Famili: Pteridaceae (Adiantaceae)
Genus: Adiantum

Keindahan bunga suplir ini terletak pada daun dan batangnya yang berbulu halus. Daun suplir tidak berbentuk memanjang, memiliki tangkai etal yang khas yaitu berwarna hitam dan juga mengkilap, terkadang bersisik halus saat dewasa. Tanaman suplir atau paku suplir ini kebanyakan dijadikan sebagai tanaman hias dalam pot. Berikut cara menanam dan merawat tanaman hias suplir:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir

Media Tanam Tanaman Bunga Suplir

Media tanam yang baik untuk menanam tanaman hias suplir ini yaitu media tanam yang memiliki derajat keasaman atau pH sekitar 6. Meid tanam yang perlu disiapkan yaitu media tanam berupa campuran humus dan tanah dengan perbandingan 3:1.

Pencahayaan Tanaman Bunga Suplir

Tanaman hias ini membutuhkan keadaan yang cukup lembab, jadi letakkan tanaman pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung walaupun begitu tanaman hias ini harus tetap mendapatkan sinar matahari agar daunnya tetap hijau.

Pengembangbiakan Tanaman Bunga Suplir

Pengembangbiakan bunga suplir ini dilakukukan dengan membongkar rumpun tanman tersebut yang sudah tumbuh rimbun. Tujuannya agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Penyiraman Tanaman Bunga Suplir

Lakukan penyiraman seperlunya saja karena media tanamnya yaitu tanah humus sudaj bersifat dingin dan lembab. Jika terlalu banyak menerima asupan air maka akan menyebabkan akar tanamn suplir ini busuk dan tanaman akan mati.

Pemangkasan Tanaman Bunga Suplir

Jika ada daun-daun suplir yang kering dan mati, lakukan pemotongan atau pemangkasan dengan menggunakan gunting atau dengan tangan secara langsung. Lakukan peotongan atau pemangkasan tersebut secara hati-hati agar tanaman tidak rusak. Jika ada daun yang mulai terlihat kekuningan dan kehilangan zat hijau daunnya maka sebaiknya dibuang terlebih dahulu agar penyakit daun tersebut tidak menyebar ke daun-daun yang masih baik dan sehat lainnya.

Pembasamian Hama dan Pemupukan Tanaman Bunga Suplir

Agar tanaman tetap sehat dan indah serta tidak terserang hama dan penyakit maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan anti ham fan juga lakukan sedikit pemupukan sebanyak satu kali dalam sebulan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa