Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Daun Suplir di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Daun Suplir di Rumah Bagi Pemula – Suplir adalah tumbuhan paku populer yang biasanya digunakan untuk penghias ruang atau taman yang termasuk dalam marga Adiantum, yang tergolong dalam anak suku Vittarioideae, suku Pteridaceae.

Suplir memiliki penampilan yang khas, sehingga mudah dibedakan dari jenis paku-pakuan lain. Daunnya tidak berbentuk memanjang, namun cenderung membulat. Spora terlindungi oleh sporangium yang dilindungi oleh indusium. Kumpulan indusia (sorus) berada di sisi bawah daun pada bagian tepi yang agak terlindung oleh lipatan daun. Tangkai entalnya khas karena berwarna hitam dan mengkilap, terkadang bersisik halus saat dewasa. Sebagaimana paku-pakuan lain, daun tumbuh dari rimpang dalam bentuk melingkar ke dalam seperti tangkai biola (disebut circinate vernation) dan perlahan-lahan membuka. Akarnya serabut dan tumbuh dari rimpang.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Ordo: Pteridales
Famili: Pteridaceae (Adiantaceae)
Genus: Adiantum

Tanaman suplir ini memiliki sekitar 200 spesies. Tanaman suplir ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias di dalam ruangan atau diluar ruangan. Berikut cara menanam tanaman hias daun suplir:

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Suplir

Pembibitan Tanaman Suplir

Cara mendapatkan bibit tanaman suplir dapat dilakukan dengan cara memisahkan bibit dari tanaman induk yang memiliki kualitas yang baik dan sehat atau bebas dari segala penyakit dan hama. Sebaiknya, usahakan batang tidak putus atau patah karena batang tanaman suplir sangat tipis dan mudah patah. Setelah biit suplir didapatkan, bibit tanaman suplir disimpan ditempat yang basah dan lembab sebelum mulai ditanam.

Persiapan dan Penanaman Tanaman Suplir

Sebelum melakukan penanaman tanaman suplir, siapkan media dan juga wadah tanam yang akan digunakan. Wadah tanam yang dapat digunakan yaitu seperti pot atau polybag yang sudah di lubangi di bagian bawah dan setiap sisinya. Sedangkan, media tanam yang digunakan yaitu tanah gembur dan mengandung banyak unsur hara yang dicampurkan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya, lalu di basahi dengan air.

Setelah media dan wadah tanam siap, selanjutnya lakukan penanaman tanaman suplir tersebut ke media tanam. Masukan bibit suplir dengan bagian akar yang seluruhnya tertutup media tanam. Hati-hati saat memasukan bibit dan pastikan agar batang tidak patah. Setelah dimasukkan kedalam media tanam, tempatkan di area yang teduh dan siram tanaman suplir secara berkala setiap harinya.

Perawatan Tanaman Hias Daun Suplir

Lakukan penyiraman tanaman tersebut secara rutin. Selain itu, agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman suplir terpenuhi maka lakukan pemupukan, pemupukan tersebut dapat dilakukan menggunakan pupuk cair ataupun pupuk kandang/kompos maupun pupuk NPK yang diberikan setiap dua bulan sekali atau enam bulan sekali.

Apabila tanaman suplir sudah semakin tumbuh besar dan rimbun, maka lakukan pergantian tempat dan juga media tanamnya.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Daun Suplir di Rumah Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa