Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Dracaena Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Dracaena Di Rumah Bagi Pemula – Dracaena merupakan salah satu jenis tanaman hias daun, jika tanaman ini dipadukan dengan bentuk , warna dan bahan pot yang tepat maka tampilan yang sangat indah.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Monokotil
Famili: Dracaenaceae
Genus: Dracaena

Pada umumnya, dracaena memiliki tampilan daun dan ukuran batang yang beraneka ragam dan menarik. Berikut ini beberapa jenis tanaman dracaena:

Dracaena deremensis

Dracaena ini jarang tumbuh dalam bentuk asli, akan tetapi pada umumnya kita dapatkan dalam berbagai varietas. Sebagian besar varietas tumbuh setinggi 60-150 cm. berbagai yang popular adalah:

  • Dracaena deremensis Warneckii
    Varietas ini bisa tumbuh baik ditempat yang Intensitas cahayanya rendah. Daun dari varietas ini berbentuk seperti pedang, kaku, berukuran panjang 40-60 cm, lebar 5 cm. warna daun hijau abu dengan strip berwarna putih.
  • Dracaena deremensis Yanet Craig
    Warna daun varietas ini hijau tua. Bentuk daun seperti pita dengan panjang sekitar 30-45 cm dan lebar 5 cm.
  • Dracaena deremensis Longii
    Varietas ini memiliki bentuk daun seperti Yanet Craig, namun lebih panjang dan ramping, bagian ujung meruncing kecil. Warna daun hijau tua ditengahnya berwarna putih lebar membujur dan pangkal hingga ujung daun.

Dracaena fragrans
Jenis tanaman ini tumbuh jangkung dan jika tanaman ini tidak dipangkas bisa mencapai ketinggian lebih dari 5 m. Tanaman yang masih muda sangat indah dan cantik jika ditanam didalam pot dan ditaruh diatas meja.

Panjang daunnya yaitu sekitar 45-75 cm dan lebar 5-7,5 cm. Daun tersebut tumbuh kesegala arah, satu sama lain tumbuh saling berimpitan rapat, warna daun hijau. Tanaman yang termasuk varietas ini antara adalah:

  • Dracaena fragrans Lindenii
    Varietas ini bagian tepi daunnya berwarna hijau cerah sampai kuning dan bagian tengah berwarna hijau membujur sepanjang daun.
  • Dracaena fragrans Masangeana
    Varietas ini memiliki warna daun hijau tua dan bagian tengah berwarna hijau membentuk pita pada sepanjang daun.

Dracaena godseffiana (Si Embun Emas)
Jenis tanaman ini tumbuh pendek dan kecil. Bentuk daun lonjong pendek, tumbuh berpasangan saling berhadapan. Warna daun hijau tua dan pada permukaan daun terdapat bintik kuning seperti emas.

Batang dan cabang-cabangnya tumbuh kecil, kurus seperti kawat, jenis Dracaena ini sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan jenis-jenis lainnya. Tanaman yang termasuk varietas ini antara lain adalah:

  • Dracaena godseffiana Florida Beauty
    Varietas ini memiliki daun hijau tua dengan bintik kuning.
  • Dracaena godseffiana Milky Way
    Varietas ini mirip dengan Dracaena godseffiana Florida Beauty. Pada bagian tengah daun terdapat bentuk seperti pita berwarna kuning muda dan dikanan kirinya berwarna hijau dengan bintik halus.
  • Dracaena godseffiana gold Dust (Gold Dust Dracaena)
    Varietas ini memiliki warna daun hijau tua dan seluruh permukaan daun terdapat bintik halus atau kecil.

Dracaena marginata Tricolour
Jenis Dracaena ini memiliki bentuk daun kecil seperti pita, ramping, berwarna hijau gelap dan bagian tepinya merah. Varietas Dracaena marginata Tricolour memiliki tiga macam warna yaitu merah, hijau, dan putih.

Pada bagian tepi daun berwarna merah, disusul warna hijau, lalu putih. Setiap warna membentuk strip panjang dari pangkal hingga ujung daun.

Dracaena sanderiana virescens
Jenis Dracaena ini memiliki warna daun hijau yang bagian bawahnya berwarna hijau pucat berbentuk pita yang lebar dan memanjang disepanjang daun. Ukuran daun relatif lebih kecil dan pendek jika dibandingkan dengan Dracaena fragrans.

Dracaena surculata punculata
Jenis Dracaena ini memiliki bentuk batang dan cabang mirip dengan jenis Dracaena godseffiana lainnya. Daunnya lebih kecil dan pada ujungnya lebih runcing. Warna daun hijau muda dengan bintik kecil berwarna kuning tak beraturan.

Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Dracaena

Kebutuhan Cahaya Tanaman Dracaena

Dracaena akan tumbuh paling bagus jika mendapat cahaya matahari tidak langsung. Jika tanaman ini hanya mendapatkan cahaya buatan dari lampu, maka cahaya yang dibutuhkan yaitu cahaya berkekuatan 400 f.c.

Kebutuhan Suhu Tanaman Dracaena

Pada siang hari Dracaena membutuhkan suhu lingkungan sekitar 75°F-80°F dan pada malam hari sekitar 65°F-70°F.

Perbanyakan Tanaman Dracaena

Perbanyakan tanaman dilakukan dengan cara menggunakan stek batang atau memisahkan sebagian rumpun.

Media Tanam Tanaman Dracaena

Media tanam yang baik untuk tanaman Dracaena yaitu campuran tanah, pupuk kompos atau pupuk kandang dan pasir kasar dengan perbandingan 1:1:1. Media tanaman ini harus selalu dalam keadaan lembap sepanjang waktu. Setiap 4-5 kg media ditambah 1,5 sendok the super phosphate 20%, 1 sdm kapur, dan 2 sdt pupuk 5-10-5.

Pemupukan Tanaman Drecaena

Pemupukan tanaman Dracaena cukup dilakukan setiap 6 bulan sekali. Pemupukan tanaman yang baru dibeli atau dilakukan pengepotan kembali harus menunggu sesudah 6 bulan.

Pengepotan kembali Tanaman Drecaena

Pengepotan kembali dilakukan jika akar tanaman telah memenuhi pot. Pengepotan kembali ini dapat dilakukan setiap saat.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Dracaena Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa