Ekor Tupai

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Ekor Tupai Di Rumah Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Ekor Tupai Di Rumah Dengan Mudah Ekor tupai (Asparagus densiflorus) adalah salah satu jenis tanaman hias kaktus yang memiliki bentuk unik yaitu menyerupai ekor tupai. Tanaman hias ekor tupai ini berasal dari Afrika Selatan. Tanaman hias ini memiliki daun hijau kecil-kecil dan lancip serta rimbun mengerucut, apabila sudah tua daun ekor tupai lebih rentan patah.

Tanaman hias ekor tupai ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1 meter, dan setelah berumur sekitar 5-6 bulan tanaman hias ekor tupai akan tumbuh bunga berwarna merah cerah agak muda, bunga tersebut akan tumbuh di pucuk batang namun bunga tersebut hanya dapat bertahan hingga 1-2 bulan saja. Tanaman hias ekor tupai dapat tumbuh di berbagai dataran baik itu rendah ataupun tinggi sehingga sangat mudah dalam melakukan perawatan. Tanaman hias ekor tupai sangat menyukai air, walaupun menyukai media yang lembab namun tanaman hias ini tidak baik apabila ditanam pada media tanam yang terlalu lembab. Tanaman hias ekor tupai ini dapat tumbuh subur baik di pot/polybag ataupun di lahan pekarangan.

Tanaman hias ekor tupai adalah tanaman universal, karena perawatan yang mudah tanaman hias ini dapat kita jumpai di daerah manapun. Jika kalian ingin menanam atau budidaya ekor tupai ini, jangan khawatir kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat ekor tupai dengan mudah dirumah.

Cara Menanam Ekor Tupai

Pembibitan Ekor Tupai

Bibit tanaman hias ekor tupai dapat dilakukan dengan cara memisahkan rumpun tunas bibit. Pilihlah bibit yang cukup siap pisah. Carilah yang memiliki ukuran minimal setengat tinggi dari indukan. Jika sudah ditentukan, gali lalu pisahkan dengan hati-hati beserta akarnya.

Penanaman Ekor Tupai

Jika anda ingin menanam tanaman hias ekor tupai dalam pot, pertama siapkan dahulu pot tanam dengan ukuran yang disesuaikan. Kemudian siapkan media tanamnya yaitu berupa campuran tanah, arang sekam dan juga pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Masukkan media tanam dalam pot yang sudah disiapkan. Selanjutnya lakukan penanaman, tanam bibit sedalam 5 cm hingga 10 cm lalu padatkan media tanam di sekitar bibit, setelah itu beri air agar kelembaban media tanam tetap terjaga.

Perawatan Ekor Tupai

Perawatan yang perlu dilakukan pada atanaman hias ekor tupai yaitu penyiraman rutin yang dilakukan secara berkala untuk menjaga kelembabapan medi tanam, karena tanaman hias ekor tupai ini menyukai kondisi media tanam yang lembab. Setelah tanaman hias ini tumbuh dengan baik, selanjutnya lakukan pemupukan dengan menggunaman pupuk berupa pupuk kompos ataupun pupuk cair guna menambah nutrisitumbuh bagi tanaman hias ekor tupai ini. Pemberian pupuk tersebut dilakukan setiap 3 (tiga) minggu sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Ekor Tupai Di Rumah Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa