Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Palem Botol Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Palem Botol Di Rumah Bagi Pemula – Palem Botol, Bottle Palm atau Palmiste Gargoulette (Hyophorbe lagenicaulis) merupakan salah satu jenis tanaman palem yang bisanya ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah. Tanaman palem botol ini berasal dari Mauritius, tepatnya di Round Island.

Klasifikasi Palem Botol
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Hyophorbe
Spesies: Hyophorbe lagenicaulis

Ciri-ciri palem botol ini yaitu memiliki bentuk seperti palem pada umumnya, namun batang bagian bawahnya menggelembung seperti botol. Pohon palem botol ini dapat tumbuh besar atau di bonsai, sehingga tak heran jika tanaman ini sangat diminati untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam maupun luar ruangan seperti tanam. Berikut ini cara menanam dan merawat palem botol untuk tanaman hias di rumah:

Cara Menanam dan Merawat Palem Botol

Cara Pembibitan Palem Botol

Bibit tanaman palem botol dapat diperoleh melalui biji yang dihasilkan pohon palem botol tersebut. Caranya yaitu, pilih dan ambil biji palem botol yang sudah benar-benar tua kemudian keringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, simpan selama beberapa minggu. Selanjutnya semaikan biji bibit ke media semai yang dibuat dari campuran tanah yang gembur dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Lakukan perawatan berupa penyiraman secara berkala, Setelah berumur 3 bulan bibit palem botol dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam yang sebenarnya. Jika anda tidak mau repot, anda dapat membeli bibit palem botol di toko bunga.

Cara Menanam Palem Botol

Pertama siapkan terlebih dahulu media tanam yang sama seperti media yang digunakan untuk semai bibit palem botol yaitu campuran tanah yang gembur dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.

Buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 15-20 cm. Jika sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit palem botol pada lubang tanam yang telah dibuat, setelah itu timbun kembali dan padatkan sekitar areal tanaman lalu lakukan penyiraman.

Cara Merawat Palem Botol

Karena tanaman palem botol ini termasuk tanaman yang tahan terhadap kekeringan, jadi penyiraman dapat dilakukan saat tanaman mengalami kekeringan saja. Lakukan juga penyiangan pada gulma yang tumbuh di sekitar tanaman jika sudah rimbun. Lakukan perampalan pada daun palem botol yang kering. Agar tanaman palem botol ini lebih subur, maka berikan nutrisi berupa pupuk. Pemupukan ini dapat dilakukan secara berkala setiap sebulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos yang ditabur diareal pangkal pohon.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Palem Botol Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa