Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Spider Plant Di Dalam Ruangan

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Spider Plant Di Dalam Ruangan – Bagi anda yang tidak memiliki lahan untuk berkebun,melakukan penanaman tanaman hias dapa anda lakukan di dalam ruangan baik itu tanaman hias gantung atau tanaman hias dalam pot. Salah satu tanaman hias yang dapat anda pilih untuk melakukan hal tersebut adalah spider plant. Spider Plant (Chlorophytum comosum) merupakan salah satu jjenis tanaman herba parennial yang biasa dijasikan tanaman hias dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tanaman hias spider plant ini berasal dari Afrika Tropis. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias gantung karena keindahan corak daunnya serta tanaman ini mudah hidup. Selain itu, spider plant ini juga disebut dengan airplane plant atau hen chickens.

Klasifikasi Spider Plant
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Subkelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Liliaceae
Genus: Chlorophytum
Spesies: Chlorophytum comosum

Berikut cara menanam dan merawat tanaman hias spider plant dirumah:

Cara menanam dan merawat tanaman hias spider plant

Sebelum melakukan penanaman tanaman hias ini, kalian harus mengetahui bahwa tanaman spider plant ini tidak menyukai cuaca yag panas, apabila tanaman hias ini terkena cahaya matahari secara langsung maka daunnya akan layu bahkan mengering.

Cara menanam tanaman hias spider plant ini sangat mudah, anda cukup mengambil anakan atau memisahkan rumpun tanaman yang akan dijadikan bibit dengan tanaman induknya dan bibit tersebut dapat ditanam langsung ke pot tanam.

Ambil indukan satu saja nanti akan berkembang lebih banyak, tapi jika sudah muncul indukan lagimaka sebaiknya anda pisahkan ke dalam pot lainnya. Untuk pemberian pupuk setelah tanaman itu sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu enam bulan.

Perawatan tanaman hias spider plant ini memang terlihat sedikit rumit karena hal tersebut akan dipermasalahkan pada perhitungan kondisi kelembapan tanah dan cahaya mata hari, dikarenakan tanaman spider plant ini tidak menyukai cahaya matahari secara langsung.

Tanaman ini hanya memerlukan cahaya matahari dengan suhu sekitar 18 hingga 23 derajat celcius dan sedangkan pada siang hari tanaman ini memerlukan suhu sekitar 10 hingga 12 derajat celcius.

Dalam melakukan penanaman dan perawatan tanaman spider plant ini anda perlu memperhatikan kondisi daun dari tanaman spider plant ini, jika daun tanaman muncul bintik-bintik hitam maka daunnya terlihat berubah berwarna kuning hal tersebut berarti tanaman terlalu banyak air, dan jika tanaman spider plant kekurangan air maka daunnya akan merunduk.

Dengan demikian anda harus bisa mengatur intensitas cahaya dan kebutuhan air untuk tanaman spider plant, sebenarnya tidak terlalu rumit jika anda sudah terbiasa.

Tanaman spider plant tergolong tanaman hias gantung yang bisa anda kembang biakan sendiri dan ini dapat tanam dengan pot yang anda gantung di tembok tanpa memerlukan lahan yang luas.

Terkadang tanaman ini daunnya dapat mengering Hal tersebut bisa disebabkan karena media tanam atau tanah yang terlalu kering, udara yang terlalu kering dan teknik pemupukan yang salah.

Jika tanaman spider plant mengalami hal tersebut, maka daun yang mengering tersebut harus segera langsung di petik atau dibuang agar tidak menyebar dengan begitu tanaman akan segera sehat kembali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Spider Plant Di Dalam Ruangan“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa