Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku “Pewarna Kuku Alami” Mudah dan Cepat

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku “Pewarna Kuku Alami” – Pacar kuku atau daun  inai  (Lawsonia inermis) merupakan tanaman yang masuk dalam suku Lythaceae dan berasal dari Afrika Timur Laut dan Asia Barat Daya. Tanaman pacar kuku ini memiliki sebutan yang berbeda disetiap daerah di Indonesia diantaranya: pacar petok (Jawa), inai parasi (Sumatera), gaca, ineng (Aceh), daun laka (Ambon), kacar (Gayo), ine (Batak), inae batang (Minangkabau), bunga laka (Timor), kayu laka (Menado), pacar kuku (Jawa Tengah dan Sunda), pacar (Madura dan Dayak), tilangga tutu (Gorontalo), kolondigi (Buol), karuntigi (Ujungpandang), pacel (Bugis), bunga jari (Halmahera), laka bobudo (Ternate), dan laka kahori (Tidore).

Ciri-Ciri tanaman pacar air yaitu memiliki batang perdu, tegak dengan cabang-cabang yang sering berujung runcing. Daun pacar kuku terletak berhadapan dengan bentuk jrong atau jorong lanset dengan panjang sekitar 1,5 sampai 5,0 cm. Perbungaan tanaman pacar kuku ini berupamalai, bunga tumbuh di bagian ujung cabang dan ketiak daun dengan panjang bunga sekitar 4-20 cm. Bunga pacar kuku memiliki warna yang beragamm diantaranya kuning muda, merah jambu hingga merah dan bunga tersebut sangat harum. Sedangkan buah tanaman pacar kuku berupa buah kotak dengan bentuk bulat atau bulat pipih dan memiliki garis tengan sekitar 0,5 cm.

Klasifikasi Ilmiah Pacar Kuku
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosids
Ordo: Myrtales
Famili: Lythraceae
Genus: Lawsonia L.
Spesies: Lawsonia inermis

Pacar kuku ini banyak ditanam sebagai tanaman hias karena berbunga sepanjang tahun selain itu juga digunakan dalam wangi-wangian. Pacar kuku di Indonesia juga paling dikenal sebagai pemerah kuku tradisional dengan cara menumbuk daun dengan kapur atau gambir untuk mewarnai merah kuku. Tidak hanya itu, daun dalam bentuk kering, Jika daunnya ditumbuk dengan air, maka bisa digunakan untuk mewarnai rambut. Daun pacar kuku mengandung zat warna lawson yang bisa diekstrak sebagai kristal berwarna kuning jingga, digunakan untuk mewarnai wol dan sutera. Daun pacar kuku mengandung tanin sekitar 4,5 %, digunakan untuk obat penghenti diare ; serbuk daun digunakan untuk obat luka. Bunga pacar kuku mengandung minyak atsiri yang berbau seperti trimetil amina, digunakan dalam kosmetika. Biji mengandung minyak sekitar 10,5%. Kayu tanaman pacar kuku yang kelabu dan keras digunakan untuk membuat barang-barang kecil dan tusuk gigi.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku

Menanam pacar kuku, tidak memerlukan keahlian khusus. Kalian bisa menyiapkan bibit yang bisa diperoleh di lapak penjual tanaman hias. Kemudian jika bibit sudah siap, selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran arang sekam, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Siapkan polybag atau pot memiliki sistem drainase yang bagus, lalu masukkan media tanam dalam pot atau media tanam tersebut . Jika semua sudah siap , segera lakukan penanaman.

Perawatan pohon inai atau pacar kuku ini tidak begitu sulit, lakukan penyiraman selama 1 minggu setelah masa tanam. Jika sudah timbul kecambah, lakukan oemberian pupuk kandang dalam dosis satu sendok makan. Lakukan pemupukan secara  rutin selama dua bulan saja.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku “Pewarna Kuku Alami”“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa