Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot Atau Air Sebagai Tanaman Hias

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot Atau Air Sebagai Tanaman Hias Bagi Pemula – Sirih Gading atau Sri Gading atau Sirih Belanda (Epipremnum aureum) adalah salah satu tanaman hias yang populer dijadikan tanaman hias ruangan ataupun tanaman hias pekarangan. Tanaman sirih gading ini merupakan tumbuhan merambat semi epifit anggota suku talas-talasan (Araceae). Tanaman sirih gading dapat dengan mudah dikenali dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat, merambat pada tanaman atau batang pohon dengan ukuran daun besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatinya. Jika ditanam dalam pot, daun sirih gading akan berukuran kecil. Potongan cabangn sirih gading bisa bertahan hidup cukup lama jika bagian pangkalnya dicelupkan ke air.

Klasifikasi Sirih Gading
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Genus: Epipremnum
Spesies: E. aureum

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading

Persiapan Bibit Sirih Gading

Tanaman sirih gading dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Cara stek sirih gading yaitu potong batang sirih gading yang sudah berakar sepanjang 15 cm.

Cara Menanam Sirih Gading

Tanaman sirih gading dapat ditanam di tanah maupun di air. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Sirih Gading Di Pot

Pertama, buatlah media tanam berupa campuran tanah yang subur dan pupuk organik atau pupuk kandang. Media tanam tersebut bertujuan untuk menambah nutrisi dan hara tanah agar pertumbuhan tanaman sirih gading baik. Pot tanam yang digunakan dapat disesuaikan dengan bibit sirih gading yang akan di tanam.

Bibit yang akan ditanam diusahakan memiliki potongan batang yang agak jauh dari pucuk, kira-kira sekitar 10 cm. Saat penanaman usahakan arahnya tidak terbalik.

Cara Menanam Sirih Gading Dalam Air

Untuk menanam sirih gading dalam air sangat mudah, potong bagian batang yang sudah berakar sepanjang 15 cm. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi air. Air yang baik digunakan sebaiknya air sumur yang mengandung mineral asli dari tanah.

Cara Merawat Tanaman Sirih Gading

Merawat tanaman sirih gading sangat mudah yaitu dengan menjaga kelembapan tanah dengan melakukan penyiraman secara rutin. Apabila tanaman sirih gading ditanam dalam air , pastikan ganti air secara rutin setiap seminggu sekali. Tanaman ini hampir tidak membutuhkan pupuk tambahan, cukup dengan kompos atau air yang mengandung mineral dan nitrat seperti akuarium.

Perlu diwaspadai, menurut penelitian sirih gading mengandung racun dan sangat berbahaya bagi hewan peliharaan. Termasuk racun bagi kucing dan anjing dengan gejala berupa iritasi oral, muntah, dan kesulitan menelan. Namun juga perlu diketahui bahwa tanaman sirih gading juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat sirih gading bagi kesehatan yaitu dapat menghilangkan polutan dalam ruangan seperti senyawa formaldehida, xilena, dan benzena. Efek ini dapat mengurangi berat molekul zat pencemar dalam ruangan, sangat cocok untuk ruangan perokok.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot Atau Air Sebagai Tanaman Hias“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa