Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tanduk Rusa Di Rumah Bagi Pemula MUDAH

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Tanduk Rusa Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Tanduk Rusa atau Simbar Menjangan atau Platycerium bifurcatum merupakan tanaman jenis paku-pakuan yang memiliki bentuk yang unik dan juga eksotis. Tanaman bunga tanduk rusa ini hidup dengan cara menempel pada tanaman kayu namun tidak merugikan.

Tanaman tanduk rusa ini hidup menempel pada pohon lain dengan tegak dan kokog namun bukan parasit melainkan epifit sejati dengan akar melekat pada batang lain atau bebatuan. Batang bunga tanduk rusa ini berupa rimpang lunak akan tetapi liat dan sulit dipotong serta tidak tumbuh menjalar.

Daun tanduk rusa mengandung saponin, flavonoid dan juga polifenol sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Manfaat tanaman tanduk rusa diantaranya yaitu untuk mengobati demam, abses, bisul,radang rahim, gondok, haid tidak teratur dan juga menyuburkan kandungan.

Klasifikasi Tanaman Tanduk Rusa
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Subkelas: Polypoditae
Ordo: Polypodiale
Famili: Polypodiaceae
Genus: Platycerium
Spesies: Platycerium bifurcatum

Karena keunikan tanaman tanduk rusa dan manfaatnya, banyak orang yang menanam tanaman tanduk rusa ini sebagai tanaman hias. Berikut selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tanduk Rusa

Pembibitan Bunga Tanduk Rusa

Seperti kebanyakan bunga yang menempel, pembibitan tanaman tanduk rusa ini dilakukan dengan cara merampal atau memisahkan bagian kumpulan indukan yang menempel pada inangnya. Lepaskan dengan menggunakan pisau atau sekop taman dengan perlahan agar akar tidak rusak. Jika sudah berhasil dipisahkan, ambil media tanam berupa akar pakis lalu ikatkan bibit tersebut. Selanjutnya lakukan perawatan dan penyiraman secara teratur hingga muncul akar baru yang cukup baik, setelah itu baru tanaman dapat ditanam di pohon inang.

Penanaman Bunga Tanduk Rusa

Pertama, bersihkan pohon inang yang akan ditempeli bunga tanduk rusa. Setelah itu, semprotkan sedikit pupuk cair pada pohon inang. Kemudian tempel bibit tanpa akar pakis dan ikat dengan kuat tapi hati-hati. Berikan sedikit pupuk cair dengan cara disemprotkan pada tanaman. Jika tanduk rusa menempel dengan sempurna, lepaskan ikatannya agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Perawatan Bunga Tanduk Rusa

Tanaman tanduk rusa sangat bergantung pada perawatan sejak awal masa tanamnya. Jika tanaman ini ditanam dan dirawat dengan baik, hampir pasti penyiraman hanya dilakukan saat awal-awal masa tanam saja. Selanjutnya hanya jika terlihat layu saja. Sebaiknya penyiraman tersebut dilakukan bersamaan dengan pemupukan dengan pupuk cair.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tanduk Rusa Di Rumah Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa