Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tillandsia Untuk Hiasan

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tillandsia Untuk HiasanTillandsia (Tillandsia usneosiodes) atau tanaman yang disebut juga dengan air plant ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat mudan untuk ditanam dan dirawat karena tidak membutuhkan media tanam tertentu. Di Indonesia, Tillandsia dikenal dengan nama jenggot musa, janggut fir’aun atau janggut babi.

Di habitat asli, tanaman tillandsia hidup merambat dan menempl pada pohon besar. Tanaman ini memiliki bentuk yang tidak beraturan. Namun jika anda ingin menjadikan tanaman tillandsia ini sebagai tanaman hias, anda dapat memotong dan merapihkannya dalam pot gantung.

Tanaman tillandsia ini masih satu famili dengan nanas-nanasan, tanaman tillandsia ini dapat bertahan hidup dengan mengandalkan bulu halus yang ada di seluruh bagian tubuhnya. Bulu halus tersebut berguna menyaring uap air dan nutrisi dari udara. Karena keunikan cara hidup yang dimiliki tanaman ini, biaasanya tanaman tillandsia ini ditanam dengan menggantungkannnya pada tali, kawat atau direkatkan dengan kayu. Mirip dengan tanaman bunga anggrek, namun tanaman tillandsia ini tidak memerlukan pupuk dan air secara rutin karena tanaman ini adalah tanaman udara atau air plant.

Macam-Macam Tanaman Tillandsia

Tanaman bunga yang berasal dari gurun Amerika Latin ini, memiliki bentuk menyerupai daun bawang yang kaku, ada juga yang berkelok dan berbagai jenis tillandsia lainnya. Jenis tanaman Tillandsiayang disukai pecinta tanaman hias di Indonesia diantaranya:

  • Tillandsia Usneoides (tanaman jenggot babi atau jenggot musa), tillandsia ini memiliki bentuk seperti juntaian benang halus.
  • Tillandsia Streptocarpa, tillandsia ini memililiki bentuk yang melengkung kaku dan terkesan berantakan. Tillandsia ini memiliki warna hijau dengan permukaan nya dilapisi oleh lapisan tricoma keabuan. Tanaman tillandsia ini memiliki bunga cantik dan wangi berwarna biru tua keunguan.
  • Tillandsia Caput Medusae, jenis tillandsia ini memiliki daun berwarna hijau selada dengan bunga merah terang dan ungu stabilo dan semakin cantik dengan tambahan serbuk sari berwarna kuning.
  • ¬†Tillandsia stricta, dan lain sebagainya

Cara Menanam Tanaman Tillandsia

Untuk dapat menumbuhkan atau menanam tanaman tillandsia ini tergolong mudah, dengan menggunakan media kayu atau batu tanaman ini juga sudah dapat tumbuh. Bibit tanaman ini dapat diperoleh dengan membelinya di toko tanaman hias namun tidak mudah dan harganya juga cukup mahal.

Tanaman tillandsia dapat diperbanyak dengan cara split atau memisahkan anakan dari indukan. Anakan tersebut akan muncul setelah masa berbunga. Ambil 2-3 anakan yang sudah cukup tua lalu rekatkan dengan inang yang telah dicuci bersih.

Cara Merawat Tanaman Tillandsia

Penyiraman

Walaupun tanaman tillandsia ini mengandalkan unsur hara yang ada di udara, bukan berarti tanaman ini tidak membutuhkan air. Maka, lakukan penyiraman secukupnya saja. Penyiraman tersebut dilakukan dengan menyemprotkan air menggunakan spray setiap pagi dan sore hari.

Pencahayaan

Pada habitat aslinya, tanaman Tillandisa tumbuh liar di hutan tropis. Sehingga, sinar matahari, harus ada setiap saat, tidak harus sinar matahari secara langsung, namun cukup gantungkan tanaman Tillandisa di ruangan pada ruangan eksterior di rumah anda.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tillandsia Untuk Hiasan“,¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa