Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap Sebagai Tanaman Hias Di Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap Sebagai Tanaman Hias Di Rumah – Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula) adalah tanaman karnivora paling terkenal makanan utama tumbuhan ini adalah serangga dan arakhnida. Tanaman venus ini banyak tumbuh di rawa-rawa di Carolinas, Amerika Serikat.

Tanaman ini memiliki 4-7 daun pendek yang tumbuh dari batang bawah tanah. Permukaan bagian dalam dari lobus tanaman ini mengandung pigmen merah dan ujung-ujungnya mengeluarkan lendir. Lobus pada tanaman ini bergerak menutup dengan cepat ketika rambut sensorik khusus terangsang. Tanaman ini dapat membedakan antara stimulus hidup dan stimulus yang tidak hidup. Lobus tanaman ini mampu menutup dalam waktu sekitar 0,1/detik. Lobus tersebut dibatasi oleh tonjolan seperti duri kaku atau silia yang menutup bersama untuk mencegah mangsa besar melarikan diri. Setelah mangsa tidak dapat melarikan diri maka tepi lobus mencengkeram , menyegel perangkap dan melumat mangsa tersebut.

Walaupun dikenal sebagai taaman karnivor atau tanaman pemakan daging, tanaman venus banyak diminati untuk ditanam sebagai tanaman hias. Berikut cara menanam tanaman Venus Fly Trap:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap

Persiapan Bibit Tanaman Venus Fly Trap

Tanaman venus dapat diperbanyak melalui biji, biji benih tanaman venus dapat dibeli di toko bibit online atau toko bibit disekitar anda.

Jika biji benih venus sudah diperoleh, selanjutnya lakukan penyemaian benih tanaman venus. Berikut cara menyemai bibit tanaman venus:

Pertama, siapkan media semai berupa moss spaghnum atau spaghnum moss yang dapat diperoleh di toko tanaman hias atau toko online. Selain itu, siapkan pula pot berukuran kecil dengan diameter sekitar 5 cm atau bisa juga bekas gelas air mineral.

Selanjutnya, rendam moss spaghnum dalam air RO (jangan air biasa) selama 4-5 jam. SEtelah itu, masukan media moss spaghnum yang sudah direndam tersebut dalam pot, lalu semai benih venus. Dalam satu pot ditanam satu biji saja, setelah itu semprot dengan handsprayer.

Kemudian, tutup pot dengan menggunakan plastik bening atau plastik wrapping guna menjaga suhu agar tetap hangat dan lembab. Biji benih tanaman venus ini akan berkecambah setelah sekitar 4-20 minggu (28-156 hari). Jika sudah berkecambah, bibit venus dapat dipindahkan ke pot yang berukuran lebih besar.

Penanaman Tanaman Venus Fly Trap

Sebaiknya pot yang digunakan untuk menanam berupa pot gelas atau pot lempung dengan drainase di bagian bawah pot. Siapkan media tanam berupa campuran 2/3 moss spaghnum dan 1/3 pasir. Jika media tanam sudah siap, masukan ke dalam pot tapi sebelumnya masukan pecahan genting atau kerikil pada bagian dasar pot guna memperbaiki drainase. Setelah itu, pindahkan bibit bersama dengan media moss spaghnumnya kedalam media tanam dan pot yang baru.

Setelah selesai melakukan penanaman, letakkan pot pada tempat yang terkena cahaya matahari yang cukup.

Cara Merawat Tanaman Venus Fly Trap

Tanaman ini membutuhkam kelembaban tinggi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, untuk itu penyiraman harus rutin dilakukan dengan menggunakan handsprayer. Penyiraman tersebut jangan menggunakan air biasa tapi air yang baik untuk menyiram tanaman venus yaitu air hujan yang di endapkan, air RO, Air AC, dan air aki tutup biru.

Agar tanaman venus dapat tumbuh dengan baik, tanaman ini juga perlu di beri pakan. Pakan yang dapat diberikan dapat berupa serangga seperti lalat, laba-laba , jangkrik atau ulat pakan. Pemberian pakan tersebut dapat dilakukan setidaknya sebulan sekali.

Lakukan pemotongan kepala tanaman saat sudah berwarna cokelat, hal ini bertujuan untuk merangsang pembentukan daun baru. Selain itu, lakukan penggantian media tanam setiap tahunnya.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap Sebagai Tanaman Hias Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa