Daun Afrika

Cara Menanam Daun Afrika Dengan Mudah Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Daun Afrika Dengan Mudah Di Rumah Bagi Pemula – Kesehatan sangatlah penting bagi kehidupan kita untuk itu kita sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan kita yaitu dengan mengkonsumsi daun afrika. Mungkin tanaman ini belum familiar di telinga kalian. Tapi anda bisa dengan mudah menemukannya di toko. Daun afrika ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi daun afrika antara lain seperti asam fenolat, asam lemak, vitamin, asam esensial, minyak khas, zat antioksidan, zat anti inflamasi dan berbagai sumber mineral.

Dengan kandungan tersebut, daun afrika dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengatasi insomnia, mengobati perut kembung, mencegah penyakit stroke, menurunkan gula darah, mengobati diabetes dan lain sebagainya.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam daun afrika atau budidaya daun afrika dalam pot atau di lahan pekarangan dengan mudah.

Cara Menanam daun afrika dalam pot

Pertama, siapkan dahulu tempat tanam dan juga media tanam. Tempat tanam yang digunakan dapat berupa pot, polybag, kaleng bekas atau yang lainnya. Media tanam yang digunakan yaitu campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 3 : 2 : 1. Jika keduanya telah siap, masukkan media tanam yang sudah disiapkan dalam pot.

Setelah itu, tanam bibit daun afrika yang sudah disiapkan dalam pot. Perawatan yang dilakukan pada tanaman daun afrika yaitu antara lain penyiraman secara rutin setiap hari dan juga pemupukan secara rutin setiap 3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang.

Perawatan tersebut dilakukan hingga panen tiba. Daun afrika dapat mulai dipanen setelah berumur 4 bulan hingga 5 bulan setalah tanam atau saat tanaman daun Afrika telah mencapai ketinggian sekitar 2 hingga 3 meter.

Pada pemanenan pertama, potong 60%-70% bagian tanaman atau sisakan saja batang utamannya saja setinggi 30 cm agar tanaman membentuk cabang. Selanjutnya, pisahkan antara batang dan daunnya. Batang tersebut dapat dijadikan bibit stek siap jual dengan memotongnya sepanjang 20 cm – 30 cm dan daunnya dapat di jual dalam keadaan basah ataupun dikeringkan terlebih dahulu. Setelah pemanenan pertama, pemanenan berikutnya dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan menyisakan 50% bagian tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Daun Afrika Dengan Mudah Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa