Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air Black Diamond Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air Black Diamond Agar Cepat Berbuah Lebat – Jambu air black diamond adalah salah satu jenis jambu yang memiliki warna cantik merah kehitaman, dan rasanya pun sesuai dengan warnanya sangat manis segar. Buah jambu black diamond ini memiliki rata-rata berat 150 gram/buah dan tidak memiliki biji.

Mengonsumsi jambu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya yaitu dapat membantu mengatasi diabetes, sebagai penangkal radikal bebas, membantu mengatasi kesuburan, dapat mencegah dihidrasi, menjaga kesehatan mata, membantu mencegah diare, meningkatkan asupan zat besi, menjaga kesehatan gigi dan gusi, menjaga kesehatan pembuluh kapiler, mempercantik kulit, membantu mencegah sariawan, memelihara kesehatan ginjal.

Cara Menanam Jambu Air Black Diamond Di Lahan

Syarat Tumbuh Jambu Air Black Diamond

Jambu air black diamond ini sangat baik ditanam pada daerah dengan curah hujan rendah/kering sekitar 500–3.000 mm/tahun dan musim kemarau lebih dari 4 bulan. Lokasi yang diharapkan untuk penanaman jambu air black diamond ini seperti bersih dari rumput-rumput yang tumbuh di area lokasi tanam, area tidak terlalu sempit, tanah cukup gembur dan kaya dengan unsur hara, lokasi tanam jangan ternaungi, harus mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

Persiapan Bibit Jambu Black Diamond

Perbanyakan bibit jambu black diamond dapat dilakukan dengan cara vegetatif penyemaian biji atau dengan sistem cangkok. Namun disarankan untuk memilih bibit dari sistem cangkok karena cepat tumbuh dan cepat menghasilkan buah juga.

Namun jika tidak ingin repot, bibit jambu air black diamond dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit. Pilih bibit yang berkualitas, sehat, bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau segar tidak layu dan kuning, batang yang kokoh tidak kecil dan kering, cabang-cabang yang rindang.

Persiapan Lahan Tanam jambu Air Black

Lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam jambu air black diamond ini digemburkan terlebih dahulu, lalu buatlah lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm. Lalu tanah hasil galian dicampur dengan kompos/pupuk kandang yang telah di fermentasi dan juga sekam, campuran ini nantinya akan digunakan untuk menutup lubang tanam kembali.

Lubang tanam tersebut kemudian didiamkan selama 2-3 hari agar tersinari matahari agar bakteri dalam tanah mati.

Penanaman Jambu Air Black Diamond

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit jambu air black diamond di lubang tanam tapi sebelumnya lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar perakaran dan media tanamnya tidak rusak.

Letakkan bibit dengan posisi tegak lurus, lalu timbun dengan media tanam yang telah disiapkan dan sedikit padatkan. Setelah penanaman telah selesai, lakukan penyiraman pertama pada bibit jambu yang sudah tertanam. Siramlah pada seluruh bagian tanaman dan juga media tanamnya hingga meresap, tapi jangan sampai becek. Penyiraman yang teratur bisa dengan menggunakan embrat. Lalu berikan ajir agar tanaman tidak mudah roboh.

Perawatan Tanaman Jambu Air Black Diamond

Lakukan penyiraman 1-2 kali sehari, tapi atur jangan terlalu becek. Lakukan pula, penyiangan pada tanaman pengganggu yang ada disekitar tanaman. Jika tanaman terserang hama segera lakukan penanganan dengan memberikan pestisida.

Agar nutrurisi yang dibutuhkan tanaman jambu air black diamond terpenuhi maka lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk cair organik, pupuk NPK atau pupuk kompos/pupuk kandang dengan dosis yang dianjurkan. Pemupukan ini secara rutin dilakukan 1 bulan sekali.

Tanaman jambu black diamond akan mulai berbuah berkisar 2 tahunan setelah penanaman. Namun untuk mempercepat tumbuhannya pembuahan maka perlu diberikan hormon perangsang buah.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air Black Diamond Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa