Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot (Tabulampot Jambu Bangkok) Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot (Tabulampot Jambu Bangkok) Agar Cepat Berbuah – Jambu bangkok merupakan jenis jambu biji yang berasal dari Bangkok, Thailand. Keunggulan jambu bangkok ini terletak pada ukuran, rasa, dan warnanya. Ukuran jambu bangkok tergolong besar dengan panjang sekitar 6-7 cm dan diameter sekitar 5 cm. Rasanya sangat manis dengan kandungan sedikit air sehingga teksturnya agak keras. Buah jambu bangkok muda berwarna hijau kekuningan, sedangkan yang tua merah bergaris hijau kekuningan.

Jika kalian ingin menanam atau budidaya jambu bangkok ini, namun kalian tidak memiliki lahan yang luas, kalian dapat menanam jambu bangkok dalam pot atau tabulampot jambu bangkok, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot atau Tabulampot Jambu Bangkok

Persiapan Bibit Jambu Bangkok

Bibit dapat diperoleh dari pusat pembibitan baik milik pemerintah maupun swasta. Pilih bibit yang baik dan sehat, genjah bersertifikat serta kualitasnya terjamin. Pilih bibit yang ketinggiannya telah mencapai sekitar 1 meter.

Persiapan Pot Tanam Dan Media Tanam

Siapkan pot ataupun drum bekas dengan diameter sekitar 50 cm dan tinggi sekitar 50 cm. Selain itu siapkan pula media tanam berupa campuran tanah dan bokashi atau kompos.

Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot

Pertama, campurkan tanah dan bokashi atau kompos dengan perbandingan 1:1 lalu tambahkan furadan 3g 400 gram dan aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, pada bagian bawah pot atau drum besar diberi lubang drainase. Jika sudah selanjutnya masukkan media tanam yang sudah disiapkan tadi setinggi 20 cm lalu siram. Lepaskan polybag tanam pada bibit dengan hati-hari agar perakarannya tidak rusak lalu masukkan bibit dan timbun kembali dengan sisa media tanam. Padatkan dan siram kembali, lalu pasangkan tajuk dengan diikat tali agar tidak goyang. Letakkan tanaman pada tempat yang teduh selama 2 minggu, setelah tumbuh tunas baru dapat dipindahkan ke tempat terbuka.

Perawatan Jambu Bangkok Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 1-2 kali. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh dalam pot setiap 2 minggu sekali.

Setelah berumur 2 bulan, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan dosis 100 g/pohon. Pemupukan ini dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Jika sudah terlalu rimbun, lakukan pemangkasan. Pemangkasan ini juga berfungsi membentuk tanaman agar tidak terlalu tinggi dan menghilangkan cabang yang sudah tidak produktif lagi.

Jika sudah berbuah, lakukan penyeleksian buah dalam satu gerombol sisakan 2-3 buah saja. Setelah itu lakukan pembungkusan buah agar tidak terserang hama dan menjaga buah tetap bersih dan sehat.

Masa Panen Jambu Bangkok

Jambu bangkok dapat mulai dipanen setelah berumur sekitar 6 bulan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Jambu Bangkok Dalam Pot (Tabulampot Jambu Bangkok) Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa