Cara Menanam Jambu Citra Dalam Pot (Tabulampot Jambu Citra) Agar Ceapat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Jambu Air Citra Dalam Pot (Tabulampot Jambu Air Citra) Agar Ceapat Berbuah Bagi Pemula – Jambu air adalah jenis tumbuhan yang masuk ke dalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan, tumbuhan ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Ada banyak jenis jambu air diantaranya seperti jambu air cengkih, jambu air madu, jambu air king citra, jambu air kampret, jambu air king rose, jambu air lilin, jambu air maduran, jambu air irung petruk, dan jambu air kancing.

Salah satu varietas jenis jambu air yang terkenal adalah jambu citra. Ciri-ciri jambu air citra yaitu memiliki bentuk batang bulat dengan permukaan batang halus dan berwarna cokelat serta bercabang; memiliki daun dengan bentuk tombak memanjang, berwarna merah keunguan saat muda dan hijau tua saat tua; Memiliki tipe bunga spatula dengan mahkota berwarna kuning; buah jambu air citra berbentuk lonceng tak berlekuk dengan 1-10 buah/tandan. buahnya berdaging tebal, berukuran jumbo dan nyaris tanpa biji dengan rasa manis renyah tanpa rasa masam.

Karena ukurannya yang besar dan rasanya yang manis renyah, jadi tak heran jika banyak orang yang menanam bahkan membudidayakan jambu citra ini. Jika anda ingin membudidayakan jambu citra ini namun anda tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam jambu citra dalam pot. Berikut cara menanam jambu air citra di dalam pot:

Cara Menanam Jambu Citra Dalam Pot atau Tabulampot Jambu Citra

Pemilihan Bibit Jambu Citra

Perbanyakan bibit jambu citra dapat dilakukan melalui cara gereratif dengan biji dan vegetatif dengan cara cangkok dan sambung pucuk. Namun disarankan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif karena bibit yang dihasilkan aan memiliki sifat yag sama dengan tanaman induknya dan membutuhkan waktu berbuah yang lebih singkat yaitu sekitar 2-3 tahun; sedangkan bibit dari perbanyakan generatif membutuhkan waktu 7-10 tahun untuk berbuah. Jika anda tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit jambu citra di toko bibit. Pilihlah bibit yang sehat.

Persiapan Pot dan Media Tanam Jambu Citra

Pot yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam. Sedangkan media tanam yang perlu disiapkan harus subur dan juga porous. Media tanam yang bisa digunakan dapat berupa campuran tanah, kompos, bokashi, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 2:1:1:1:0,5. Atau hanya dengan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Cara Menanam Jambu Air Citra Dalam Pot

Jika semua sudah siap, lakukan penanaman segera. Lepaskan polybag tanam bibit terlebih dahulu dengan hati-hati agar tidak merusak akar dan media tanamnya. Masukkan bibit dan media tanamnya kedalam pot lalu masukkan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya dan sedikit padatkan. Beri jarak antar pot tanam jambu citra sekitar 2,5-3 meter.

Cara Merawat Jambu Citra Dalam Pot

Lakukan penyiraman pada tanaman jambu citra secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Selain itu, jangan lupa lakukan pemupukan agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman jambu air citra terpenuhi, pemupukan tersebut dapat menggunakan pupuk kandang dan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam seminggu dan seminggu sekali jika pohon jambu citra sedang berbuah. Jika pohon jambu citra terserang hama, maka dapat dilakukan penanganan menggunakan pestisida alami.

Masa Panen Jambu Air Citra

Pemanenan jambu air citra dapat dilakukan setelah tanaman berumur 2,5 hingga 3 tahun. Tanaman jambu ini dapat berbunga sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu pada juli dan september serta pemasakan buah pada bulan agustus dan november.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Jambu Citra Dalam Pot (Tabulampot Jambu Citra) Agar Ceapat Berbuah Bagi Pemula” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa