Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Dekopon) Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Dekopon) Di Rumah Bagi Pemula – Jeruk Dekopon adalah salah satu jenis jeruk yang berasal dari Jepang.Jeruk dekopon ini merupakan jeruk hasil persilangan antara jeruk kiyomi dan ponka asal Jepang. Jeruk derkopon ini memiliki bentuk yang unik dan berukuran besar, rasa jeruk dekopon lebih manis dari varietas jeruk lokal dan bertekstur lunak serta berserat halus tanpa biji. Berat buah jeruk dekopon ini dapat mencapai 1,4 kg.

Harga jeruk dekopon ini berkisar antara 50-80 ribu/kg, jadi tak heran jika banyak orang yang mulai membudidayakan jeruk dekopon untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Di Indonesia, jeruk dekopon ini banyak di budidayakan di daerah bandung parongpong ciwidey.

Jika kalian ingin menanam jeruk dekopon ini tapi kalian tidak memiliki lahan yang luas, kalian dapat menanam jeruk dekopon dalam pot atau tabulampot jeruk dekopon. Berikut selengkapnya.

Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Dekopon

Persiapan Bibit Jeruk Dekopon

Perbanyakan jeruk dekopon dapat diperoleh melalui cangkok dan okulasi. Namun jika tidak ingin ribet, bibit jeruk dekopon dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit.

Pastikan bibit yang dipilih bersertifikat unggul, sehat, tidak berpenyakit, berdaun segar, berbatang kokoh dan bercabang rindang.

Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Jeruk Dekopon

Siapkan tempat tanam berupa pot dengan diameter sekitar 20 cm (jika bibit berukuran kecil) dan 40 cm (jika bibit berukuran besar)

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, sekam dan pupuk organik dengan perbandingan 3:1:1. Ketiga bahan tersebut dicampur hingga rata, selanjutnya diamkan campuran media tanam tersebut selama sekitar 3-5 hari agar mikroorganisme yang dapat mengganggu pertumbuhan jeruk dekopon mati.

Penanaman Jeruk Dekopon Dalam Pot

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Bagian dasar pot diberi pecahan bata atau genting agar nantinya air penyiraman dapat keluar dan tidak menggenang. Selanjutnya, masukkan media tanam hingga setengah bagian dari volume pot yang digunakan. Letakkan bibit jeruk dekopon tepat ditengah pot dengan posisi tegak. Setelah itu, masukkan kembali media tanam hingga sekitar 2 cm dari bibir pot dan sedikit padatkan agar bibit dapat berdiri dengan kokoh. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya hingga tanah tampak lembab.

Perawatan Tabulampot Jeruk Dekopon

Lakukan penyiraman sebanyak 1-2 kali sehari pada 2 minggu pertama penanaman jeruk dekopon. Setelah itu, penyiraman dapat dilakukan cukup 1 kali saja tapi sesuai kondisi kelembabannya. Lakukan pemangkasan pada ranting-ranting yang tidak perlu serta penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar pohon jeruk dekopon.

Agar nutrisi tumbuh yang diperlukan tanaman jeruk dekopon terpenuhi, lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kombinasi kimia ataupun pupuk organik seperti pupuk NPK buah dan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Demikian artikel tentang “Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Dekopon) Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa