Cara Menanam Jeruk Sunkist Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Menanam Jeruk Sunkist Bagi Pemula Agar Sukses – Jeruk Sunkist adalah jenis jeruk yang terkenal rasa manisnya. Tanaman jeruk sunkist ini berasal dari California, Arizona. Jeruk ini memiliki rasa yang sangat manis dan memiliki aroma yang segar sehingga jeruk ini dapat dimakan langsu dan dibuat jus pun enak. Jeruk ini banyak dijual di supermarket, pasar atau pun toko-toko buah. Harga jeruk ini cukup mahal yaitu mencapai 60.000/kg. Sehingga banyak orang pun tertarik untuk menanam atau budidaya jeruk sunkist ini serbagai usaha mereka.

Cara Budidaya Jeruk Sunkist

Pemilihan Bibit Jeruk Sunkist

Bibit Jeruk sunkist dapat diperoleh dari hasil generatif atau dari biji atau vegetatif atau bibit hasil okulasi dan cangkok. Akan tetapi, pembudidaya cenderung lebih memilih bibit hasil okulasi, karena hasil okulasi pembuahan lebih produktif.Dari pada bersusah payah membuat bibit sendiri, anda dapat membelinya di toko bibit. Pilihlah bibit yang sehat bebas dari hama penyakit, berdaun hijau segar tidak layu dan kering, berbatang kokoh tidak kurus, bercabang rindang.

Persiapan Lahan Tanam

Jeruk sunkist dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi. Lahan yang akan digunakan untuk menanam jeruk ini dibersihkan dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Namun perlu diperhatikan lokasi penanaman harus mendapatkan matahari secara langsung tanpa ada naungan.

Jika lahan sudah siap, selanjutnya, persiapkan lubang tanam.buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Setelah selesai dibuat, lubang tanam didiamkan terlebih dahulu agar tersinari sinar matahari tujuannya untuk mematikan bakteri jahat yang terdapat dalam lubang tanam selama sekitar 2-3 hari.

Penanaman Jeruk Sunkist

Jika semuanya sudah selesai, selanjutnya lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit dengan hati-hati agar media tanamnya rusak karena jika rusak hal tersebut akan mengganggu perkembangan akarnya. Setelah itu, letakkan bibit pada lubang tanam dengan posisi tegak lurus.

Tutuplah lubang tanam dengan media tanam berupa campuran tanah, kompos, sekam. Tutup lubang hingga rata dan padatkan sedikit agar bibit tidak mudah roboh. Lalu lakukan penyiramab secukupnya saja dengan cara digembor.

Perawatan Jeruk Sunkist

Pemasangan Ajir
Pemasangan ajir ini digunakan untuk menopang bibit jeruk sunkist agar tidak mudah roboh apabila terkena gangguan dari luar. Ajir dapat dibuat dari bambu yang di belah menjadi beberapa bagian dengan ukuran 1,5 meter.

Pemupukan
Agar tanaman tumbuh dengan cepat, subur, sehat dan tanaman jeruk tidak rentan terkena penyakit, maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang/kompos ataupun pupuk NPK.

Merangsang Munculnya Bunga/Buah
Rajinlah untuk memberinya hormon perangsang buah pada tanaman jeruk sunkist. Pemberian hormon perangsang buah dapat membuat tanaman lebih cepat dalam pemrosesan buah. Hasil buah yang didapat lebih baik, lebih padat dan juga rasanya segar lebih manis. Pemberian hormon perangsang buah ini dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali.

Perawatan Lainnya
Perawatan jeruk sunkist memang tidak susah, namun untuk hasil yang optimal tetap perlu dilakukan perawatan dan penjagaan seperti melakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman agar tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman jeruk sunkist. Selain itu lakukan penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari tergantung kelembaban tanah pada lahan, lakukan pula pemangkasan pada cabang yang kering atau tidak perlu.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Jeruk Sunkist Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa