Cara Menanam Jeruk Tangan Buddha Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Tangan Buddha) Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Jeruk Jari Buddha Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Jari Buddha Bagi Pemula – Jeruk tangan buddha/jeruk jari buddha (Buddha’s Hand) atau Jeruk Cakar Harimau adalah salah satu jenis jeruk yang berasal dari Tiongkok dan sekitar Myanmar. Nama latin jeruk tangan jari buddha adalah Citrus Medica var. sarcodactylis. Nama lain jeruk jari budha dantaranya Bushukan (Jepang), Tangan Dewa (Jakarta), dan Kuku Macan (Aceh).

Bentuk jeruk jari budha seperti jari tangan dengan setiap buah terdapat 5-25 jari. Kulit jeruk jari budha berwarna kuning terang, tebal dan berbenjol-benjol lalu memanjang menjadi bentuk menyerupai tangan. Buah Lemon Jari Budha ini hampir tidak berdaging buah, daging buahnya sangat sedikit, berwarna putih dengan rasa asam.

Jeruk jari budha tinggi akan kandungan minyak atsiri pada bagian kulitnya, sehingga baunya sangat tajam dengan rasa getir.

Walaupun tidak bisa dimakan langsung, buah ini memiliki banyak manfaat. Irisan kulit buah jeruk jari budha bisa digunakan untuk campuran salad atau hidangan ikan agar ada sensasi asam segar. Buah ini juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Di Tiongkok dan Jepang sudah mulai memanfaatkan kulit buah tangan budha sebagai pengharum ruangan atau pakaian. Untuk kesehatan, buah jeruk jari budha dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan maag, masuk angin dan memperbaiki sistem pencernaan. Rebusan kuncup daunnya dapat mengobati cacingan. Selain digunakan sebagai bahan dasar berbagai olahan makanan dan juga sebagai tanaman penghias halaman rumah, pohon jeruk tangan budha juga biasa digunakan untuk sembahyang pada hari raya imlek.

Cara Budidaya Menanam Jeruk Jari Buddha Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Jari Buddha

Persiapan Bibit Jeruk Jari Buddha

Pastikan bibit jeruk jari buddha yang akan di tanam adalah bibit yang akan berkualitas baik dan tidak ada bagian yang terkena penyakit maupun hama. Bibit jeruk ini dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit.

Persiapan Tempat Tanam Dan Media Tanam

Siapkan pot dengan ukuran disesuaikan dengan bibit yang di tanam. Selain itu siapkan pula media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian siapkan pula potongan bata atau genting.

Cara Menanam Jeruk Jari Buddha

Pertama, susun potongan bata atau genting pada bagian dasar pot, selanjutnya masukkan media tanam hingga 1/3 dari volume pot yang digunakan. Kemudian letakkan bibit jeruk jari budhha di bagian tengah lalu tambahkan kembali media tanam hingga kurang lebih 2 cm dari bibir pot. Setelah selesai, lakukan penyiraman hingga media tanam lembab.

Letakkan tabulampot jeru Jari budha di tempat sejuk selama kurang lebih 1 minggu. Setelah itu, dapat dipindah ke tempat dengan sinar matahari penuh. Pohon jeruk Jari budha membutuhkan minimal lima jam mendapatkan sinar matahari penuh setiap harinya.

Cara Merawat Tanaman Jeruk Jari Buddha

Lakukan penambahan nutrisi dengan cara menambahkan pupuk NPK pada tabulampot jeruk jari budha setiap 4 bulan sekali. Lakukan penyiraman sekali setiap hari di saat musim kemarau, dan kurangi intensitasnya saat musim hujan.

Demikian artikel tentang “Cara Menanam Jeruk Tangan Buddha Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Tangan Buddha) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa