Cara Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan MudahKacang Hijau atau Kacang Ijo (Phaseolus radiatus L.) adalah tanaman polong-polongan yang memiliki batang tegak atau semi tegak dengan ketinggian antara 30 cm – 110 cm. Batang berwarna hijau, kecokelat-cokelatan, atau keungu-unguan dan memiliki bentuk bulat dan berbulu.

Polong kacang hijau berbentuk silindris dengan panjang berkisar antara 6 cm – 15 cm. Polong muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna hitam atau cokelat. Dalam satu polong terdapat sekitar 5-16 butir biji. Biji tersebut umumnya berwarna hijau kusam atau hijau mengkilap, namun adapula yang berwarna kuning, cokelat, dan hitam.

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi: Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Leguminales
Famili : Leguminoceae/Papilionaceae
Genus : Phaseolus
Spesies : Phaseolus radiatus L.

Untuk melakukan budidaya kacang hijau atau menanam kacang hijau tidak perlu lahan yang luas, anda dapat melakukan penanaman kacang hijau dengan menggunakan polybag atau pot tanam bahkan anda dapat menggunakan botol aqua/botol bekas air mineral. Berikut ini adalah cara budidaya/menanam kacang hijau dalam polybag/pot:

Cara Menanam Kacang Hijau Dalam Pot/Polybag

Persiapan Bibit Kacang Hijau

Bibit Kacang Hijau dapat diperoleh dari membeli benh bibit di toko pertanian atau isa juga dengan melakukan pembibitan sendiri.

Jika bibit telah diperoleh, bibit harus melalui proses inokulasi atau pensterilan bibit dari mikroorganisme atau jamur terlebih dahulu selama sekitar satu minggu.

Persiapan Media Tanam

Sembari menunggu bibit siap tanam, siapkan terlebih dahulu media anam yang aka digunakan. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu tanah, pupuk kandang dan arang sekam. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1 hingga merata. Penggunaan arang sekam dan pupuk kandang tersebut berfungsi sebagai penyedia unsur hara dalam tanah dan nutrisi tanaman. Jika tanah yang digunakan sebagai media tanam memiliki pH lebih dari 6, taburkan dolomit untuk menrunkan keasaman tanah tersebut

Penanaman Kacang Hijau Dalam Polybag atau Pot

Jika media tanam sudah siap, selanjutnya masukkan media tanam kedalam pot/polybag hingga 70% bagian. Setelah itu, tanam sebanyak 1 bibit kacang hijau yang telah melalui proses inokulasi pada setiap polybag sedalam 2 cm lalu tutup bagian atasnya dengan media tanam kembali tanpa dipadatkan. Siapkan pula bibit penyulaman yang digunakan sebagai bibit pengganti jika ada tanaman kacang hijau yang mati atau tumbuh dengan sempurna hingga waktu 2 minggu.

Perawatan Tanaman Kacang Hijau Dalam Pot

Tanaman kacang hijau yang ditanam dalam pot atau polybag sebaiknya di letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Perawatan yang dilakukan pada tanaman kacang hijau ini diantaranya:

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari namun penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja jangan sampai tergenang.

Penyiangan
Setelah 1-2 minggu masa tanam, lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnyayang tumbuh disekitar tanaman kacang hijau dalam pot agar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman kacang hijau tidak berebut.

Pemupukan Susulan
Pemupukan susulan ini dilakukan 1 bulan setelah tanam. Pemupukan atersebut menggunakan pupuk kandang atau menggunakan pupuk NPK dengan dosis yang diberikan pada setiap polybag tanam yaitu setengah kepal.

Masa Panen Kacang Hijau

Masa panen kacang hijau berbeda-beda bergantung pada varietasnya. Namun umumnya, masa panen kacang hijau yaitu sekitar 58-65 hari. Polong kacang hijau yang siap panen memiliki kulit kering dan berwarna cokelat hingga hitam. Jika pemanenan telat, maka polong akan pecah dan bijinya akan terlempar keluar. Pemanenan kacang hijau ini dilakukan dengan cara dipetik menggunakan tangan atau memotongnya dengan pisau/gunting yang tajam.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa