Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag Dengan Mudah Bagi PemulaKacang tanah atau Kacang brol (Arachis hypogaea) merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Kacang tanah dapat diolah menjadi bermacam-macam produk, misalnya kacang goreng, kacang bawang, dibuat selai, ampyang, rempeyek, dan sebagainya. Tanaman kacang tanah berasal dari Amerika Selatan.

Klasifikasi Ilmiah Kacang Tanah
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Rosales
Famili : Papilionaceae
Genus : Arachis
Species : Arachis hypogaea

Untuk melakukan budidaya atau menanam kacang tanah tidak perlu pada tanah yang luas. Menanam kacang tanah pun dapat dilakukan di pot atau dipolybag. Berikut ini adalah cara menanam kacang tanah di pot atau polybag:

Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag

Persiapan Bibit Kacang Tanah

Pembibitan kacang tanah dapat dilakuka dengan kapas sebagai medianya. Berikut adalah cara penyemaian kacang tanah dengan kapas sebagai medianya:

  • Pertama, benih kacang tanah direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama beberapa menit. Hal ini dilakukan guna merangsang perkecambahan kacan tanah.
  • Selanjutnya ambil kapas. Agar zat kimia dalam kapas hilang, rendam kapas dalam air hangat terlebih adahulu.
  • Berikutnya, siapkan wadah dan masukkan kapas yang sudah direndam air/kapas basah ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, masukkan benih kacang tanah tadi di atas kapas tadi lalu beri sedikit air.
  • Kemudian, letakkan pada tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari. Tunggu beberapa hari kemusian hingga benih mengeluarkan kecambah dan siap tanam.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang perlu disiapkan yaitu tanah dan pupuk kandang. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Setelah itu masukkan media tanam tersebut ke pot atau polybag yang telah disiapkan.

Penanaman Kacang Tanah Dalam Pot/Polybag

Setelah bibit dan juga media tanam siap, selanjutnya lakukan penanaman. Tanam bibit kacang tanah yang telah disiapkan dengan kedalaman sekitar 3 cmm. Setelah itu, letakkan pada tempat yang relatif teduh namun masih terkena sinar matahari.

Perawatan Tanaman Kacang Tanah Dalam Pot

Penyiraman
Pastikan media tanam tetap lembab dan tidak kering, karena kekeringan akan berpengaruh pada kesuburan tanaman kacang tanah. Untuk itu perlu dilakukan penyiraman secara rutin namun saat tanaman berbunga, penyiraman ini perlu dihindari karena dapat mengganggu penyerbukan.

Penyulaman
Agar tanaman berukuran sama, jika ada tanama kacang tanah yang mati maka segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tanaman yang baru.

Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman agar tidak merebut nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman kacang tanah untuk tumbuh.

Pemupukan Kacang Tanah
Pemupukan tidak perlu dilakukan pada tanaman ini karena tanaman ini sudah dapat menyerap Nitrogen (N) dari udara. Namun jika anda menginginkan media tanam lebih gembur, anda dapat menambahkan Phosphat sebanyak 2 sendok pada tiap pot atau polybag sebelum tanam.

Penggemburan
Setelah tanaman telah berumur sekitar 28 hari, lakukan pengemburan pada media tanam disekitar tanaman. Tujuannya agar bakal buah dapat masuk ke tanah dengan mudah.

Masa Panen Kacang Tanah

Kacang tanah dapat mulai dipanen setelah berumur sekitar 90 hari setelah tanam apabila pada tanah musim hujan dansekitar 105 hari setelah tanam apabila musi kemarau. Ciri tanaman kacang tanah yang sudah siap panen yaitu sebagian daunnya telah menguning dan kerinbg, 85% bagian batangnya sudah rebah dan biji kacang tanah sudah terisi penuh. Cara menanam kacang tanah ini sangat mudah cukup mencabut batangnya hingga kacang pada bagian akarnya tercabut pula. Jika sudah selanjytnya petik kacang dan kumpulkan pada wadah.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag Dengan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa